REORGANISASI KURIKULUM MATEMATIKA MADRASAH ALIYAH (MA) UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Moh. Mahfud Effendi(1*), Edi Sutomo(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah reorganisasi kurikulum matematika MA untuk PJJ. Reorganisasi kurikulum merupakan pengembangan konten kurikulum terdiferensiasi berdasarkan kebutuhan dan kondisi siswa. Oleh karenanya, pendekatan penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah R&D, dengan tahapan define, development, dan evaluation. Pengembangan draf kurikulum dilaksanakan di MAN 2 Kota Malang. Agar kurikulum tersebut bisa digunakan, maka harus diuji kelayakan produk dan uji kelayakan implementasi. Berdasarkan uji kelayakan produk melalui uji validasi ahli dan praktisi terhadap relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efektivitas, dan efisiensi kurikulum, dinyatakan bahwa kurikulum matematika MA untuk PJJ layak (78,4%) untuk diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Sedangkan hasil uji implementasi pembelajaran di kelas X IPA 7 dan 8, didapat bahwa respon siswa baik (72,5%), tingkat keterlaksanaan pembelajaran adalah baik (79%), dan kurikulum tersebut dapat meningkatkan capaian pembelajaran pada taraf signifikansi 25%. Atas dasar itulah maka kurikulum matematika MA untuk PJJ dapat digunakan secara luas. Agar kurikulum tersebut lebih sempurna, maka prinsip efektifitas dan efisiensi kurikulum perlu dioptimalkan

Keywords


madrasah aliyah, pembelajaran jarak jauh, reorganisasi kurikulum

References


Ahid, N. (2014). Problem Pengelolaan Madrasah Aliyah dan Solusinya. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 336. https://doi.org/10.15642/islamica.2010.4.2.336-353

Ambarwati, L., & Trisnawati, N. (2021). Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi The Effectiveness of Distance Correspondence Subjects Learning for Students in. 14(2), 158–170.

Arikunto S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Ati Rasida. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Portal Rumah Belajar dalam PJJ. BPMP DKI Jakarta.

Bakri, Y. syarifudin, Waspada, I., & Rasto. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KABUPATEN BANDUNG. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(2), 68–79.

Colon, B., Taylor, K. A., & Willis, J. (2000). Constructivist Instructional Design: Creating a Multimedia Package for Teaching Critical Qualitative Research. The Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2000.1955

Dacey, L., & Lynch, J. B. (2007). Math for all: Differentiating instruction, Grades 3–5. Sausalito (M. S. Publications (ed.); Math Solut). Math Solutions Publications.

Dh, S., & Hafid, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 1(3).

Effendi, M. M., & Sutomo, E. (2020). Development Of Mathematics Curriculum Of Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang For Special Intelligent Students. NOVATEUR PUBLICATIONS JournalNX- A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 6(6).

Fatah Syukur. (2004). Dinamika Madrasah dalam Masyarakat Industri. Al-Qalam Press.

Firman, Rahayu, S., Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., Wacana, S., Abidin, Z., Arizona, K., Barat, N. T., Studi, P. P. C.-, Fisika, T., Arthamin, M. Z., Batubara, Hamdan, H., Ariani, D. N., Tengah, D., Pandemi, W., Learning, S. D., Pujilestari, Y., Abidin, Z., … Anhusadar, L. O. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).

Mahasneh, O. M., Al-Kreimeen, R. A., Alrammana, A. A., & Murad, O. S. (2021). Distance education amid the COVID-19 pandemic from the students’ point of view. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(4), 589–601. https://doi.org/10.18844/wjet.v13i4.6229

Mujamil Qomar. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Erlangga.

Mulyana, Siagian, N., Basid, A., Saimroh, Sovitriana, R., Habibah, N., Saepudin, J., Maimunah, M. A., Muaripin, & Oktavian, C. N. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. In Litbangdiklat Press. www.balitbangdiklat.kemenag.go.id

Nilasari, A., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2020). Analisis Self-Confidence Dan Hasil Belajar Matematika Sma Dalam Kurikulum Berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 433–439.

Nurmainiati, & Ghina, F. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Grampose (Di Pondok Pesantren Babun Najah ). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 49, 307–321.

Ramadhana, R., & Hadi, A. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. 4(1), 380–389.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata. (2015). Pengembangan kurikulum teori dan praktik. PT. Remaja Rosdakarya.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Sutia, C., & Sagita, S. (2020). Tanggapan Siswa , Orang Tua dan Guru terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Students , Parents and Teachers ’ Responses to Distance Learning During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Inspirasi, 19(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.