PENGEMBANGAN MEDIA PEBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN SPARKOL PADA MATERI TROGONOMETRI

Sriyanah Sriyanah(1*), Yeni Rahmawati ES(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(2) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Pembelajaran daring membutuhkan inovasi pembelajaran yang dapay membantu memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran secara mandiri. Penelitian pengembangan ini bertujuan menjawab permasalahan yang ada dengan mengembangkan produk media pembelajaran berupa media pembelajaran matematika berbasis video animasi dengan menggunakan sparkol pada materi trigonometri kelas XI.  Menggunakan model ADDIE, yaitu: Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate. Pengembangan ini melalui tahapan uji validasi materi dan media menghasilkan rata-rata persentase uji validasi ahli materi 84,6 % yang berarti sangat layak. Rata-rata persentase uji validasi ahli media 77,78% yang berarti layak. Selanjutnya diperoleh rata-rata persentase ahli materi dan ahli media 82,69% yang berarti sangat layak. Hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata persentase 81% yang berarti sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kepraktisan maka media pembelajaran matematika berbasis video animasi menggunakan sparkol pada materi trigonometri kelas XI dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan.

Online learning requires learning innovations that can halp make it easier for students to study subject matter independently. This development research aims to answer existing problems by developing learning media products in the form of animated video-based mathematics learning media using sparkol in class XI trigonometry material using the ADDIE model, namely: Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate. This development through the stages of material and media validation test produces an average percentage of material expert validation tests 84,6% which means it is very feasible. The average percentage of the media expert validation test is 77,78% which it is feasible. Then obtained an average percentage of material experts and media experts 82,69% which means very feasible. The results of the practically test obtained an average percentage of 81% which menas it is very practical. Based on the results of the validation test and practicality test, the animated video-based mathematics learning media using sparkol in class XI trigonometry material was declared feasible and practical to use.


Keywords


Media pembelajaran, sparkol, video animasi

References


Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778

Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 105. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5710

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar (Development of Audiovisual Based Powtoon Media in Mathematics Learning for Elementary School Students). JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(2), 40–50.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Ayuni, R., Romadon, R., & Kusuma, A. I. (2022). Pengembangan video animasi pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai kewirausahaan di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 139–155. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.19462

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department Of Educational Psychology And Instructional Technology University Of Georgia. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Diyanto, R., Dwi, F., Nasution, S. P., Anggoro, B. S., English, B. S., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Suratmin, J., & Komputer, P. B. (2018). Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer. 1(2), 191–199.

Luppy, F. M., Anwar, R. B., Linuhung, N., Agustina, R., & Rahmawati, D. (2020). The Development of Animation-Based Learning Media Using Construct 2 On Logic Material. Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 13. https://doi.org/10.33477/mp.v7i2.1153

Maharani, M., Supriadi, N., & Widiyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2036

Nasir, A. M., Upu, H., & Ihsan, H. (2016). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Ecosystem, 16(3), 395–573. https://doi.org/10.31227/osf.io/ygajp

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf

Siswanah, E. (2016). Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Iain Walisongo Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 5–17. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.131

Sohilait, E. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Cakra.

Wardani, T. P., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review: Efektivitas Media Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(July), 394–403. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1729%0Ahttp://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/1729/1499

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.