ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENGERJAKAN SOAL PISA UNCERTAINTY AND DATA CONTENT
(1) Universitas Kuningan
(2) Universitas Kuningan
(3) Universitas Kuningan
(4) Universitas Kuningan
(5) Universitas Kuningan
(6) Universitas Kuningan
(*) Corresponding Author
Abstract
Asesmen PISA menjadi perhatian khusus bagi siswa Indonesia. Kemampuan literasi matematis (KLM) merupakan kemampuan yang penting dalam proses penyelesaian soal PISA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan KLM siswa dalam mengerjakan soal PISA uncertainty and data content. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data berasal dari hasil jawaban tes KLM siswa dan wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, pemberian tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes KLM soal PISA konten uncertainty and data sebanyak 6 soal yang terdiri level 1 sampai level 6 dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal KLM yang terdiri atas kemampuan komunikasi, representasi, matematisasi, menyusun strategi pemecahan masalah, kemampuan penalaran dan argumentasi.
The PISA assessment is of particular concern to Indonesian students. Mathematical literacy ability (MLA) is an important ability in the process of solving PISA questions. This study aims to describe students' MLA in solving PISA questions with uncertainty and data content. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The data were obtained from the results of the students' MLA test answers and interviews. Data collect methods used in this study are documentation, giving tests and interviews. The instrument used was the MLA test, PISA questions with uncertainty and data content, consisting of 6 questions consisting of levels 1 to level 6 and interview sheets. Based on the results of data analysis, the results obtained were that students had difficulty solving MLA questions which consisted of communication skills, representation, mathematization, developing problem solving strategies, reasoning and argumentation skills.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Artiah, & Untarti, R. (2017). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwokerto. AlphaMath, 3(1), 1–11.
Chasanah, I. M., & Wijayanti, P. (2021). Proses matematisasi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).
Fazzilah, E., Nia, K., Effendi, S., & Marlina, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten uncertainty and data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1034–1043.
Fitriyanah, N. N., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal open ended materi sistem persamaan linier dua variabel. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA-3) (pp. 123–138).
Hodiyanto. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1).
Johar, R., & Lubis, K. R. (2018). The a nalysis of students ’ mathematical representation errors in solving word problem related to graph. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96–107.
Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–128.
Marina, Yusmin, E., & T, A. Y. (2016). Proses lietrasi matematis dikaji dari content space and shape dalam materi geometri di SMA. Jurnal Universitas Untan, 2(2), 1–11.
Monariska, E., & Komala, E. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika …, 7(1), 43–58.
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 65–74.
Novita, N., Sumarni, & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analisys In Number Pattern Material During Distance Learning (Dl). Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19–39.
OECD. (2015). Draft Mathematics Framwork. New York: Columbia University.
OECD. (2019a). ANNEX B1 Results for countries and economies (Vol. I).
OECD. (2019b). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. Paris: OECD Publishing.
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Setiawan, A., Degeng, I. N. S., Sa, C., & Praherdhiono, H. (2020). The effect of collaborative problem-solving strategies and cognitive style on students ’ problem-solving abilities. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1618–1630.
Shopiyatin, E., Sumarni, & Nurhayati, N. (2019). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif teams games tournamen dan student teams achievment divison. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1).
Simalango, M. M., & Aisyah, N. (2018). Kesulitan siswa dala menyelesaikan soal-soal PISA pada konten change and relationship level 4,5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.
Sumarni, Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah non rutin mahasiswa pada topik segiempat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 563–576.
Sumarni, Adiastuty, N., & Syafari, R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Kalkulator Online untuk Meningkatkan Literasi Matematika Bagi Guru-guru di Kabupaten Cirebon. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 56–66.
Sumarni, Darhim, & Fatimah, S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah berdasarkan tahapan polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396–1411.
Sumarni, S., Titis Prayitno, A., & Nurpalah, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiwa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Mata Kuliah Geometri Ruang. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.107
Sutrisno, U., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis pada Soal Berorientasi PISA Konten Uncertainty and Data berdasarkan Jenis Kelamin. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 1224–1235).
Zuhra, R. (2015). Analisis Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assesment) Konten Uncertainty and Data pada Siswa Kelas VIII MTSN Model. Universitas Syiah Kuala.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6426
Refbacks
- There are currently no refbacks.