Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantu LKPD Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar

Sri Sutarni(1), Dina Maulita(2*),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu LKPD berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa, serta interaksi antara model pembelajaran NHT berbantu LKPD berbasis HOTS dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control design yang merupakan penelitian eksperimen. Teknik Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel. Sampel ditetapkan sebanyak 64 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perolehan data dianalisis menggunakan uji anova dua jalur. Hasil penelitian dikemukakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT berbantu LKPD berbasis HOTS dengan hasil belajar siswa SMPN 2 Kartasura, kemudian  terdapat pengaruh aktivitas belajar tinggi, aktivitas belajar sedang, dan aktivitas belajar rendah terhadap hasil belajar matematika siswa dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran NHT berbantu LKPD berbasis HOTS dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.


Keywords


Model pembelajaran NHT, LKPD berbasis HOTS, Aktivitas belajar dan Hasil belajar

References


Asri, K., Ikhsan, M., & Marwan. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 85–97.

Corebima, A. D., Susilo, H., & Nursyamsi. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together ( Nht ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1993–1998. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7310

Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 137. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 93–99. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.942

Fitriani, A., & Husniati, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. 13(Nomor 02), 135–149. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1465

Ichsan, J. R. (2022). LKPD Interaktif Berbasis HOTS. Seminar Hasil Riset Dan Pengabdian Ke 4, April, 868–874.

Index, G. C. (2018). Sweden Sweden. 1, 6–7.

Karsono, K. (2017). Pengaruh penggunaan LKS berbasis hots terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13540

Keaktifan, P., & Kritis, B. (2020). HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT. Yuli Astuti, Tarto, 14(Vol. 14 No. 2 (2020): JURNAL SOSIALITA), 299–314.

Lucy Asri Purwasi, N. F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan LKPD Berbasis HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(2), 64–74.

Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536

Munawwaroh, Z. (2017). Analisis Manajemen Risiko Pada Pelaksanaan Program. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8295

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659–663.

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS. In Penerbit Deepublish (CV BUDI UTAMA).

Purwanti, R. S. (2019). Siswa Menggunakan Model Number Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran. J-PIMat, 1(1), 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.407

Ritonga, A., Husein, R., & Widiasih, W. (2022). The Influence of Inquiry Learning Model and Critical Thinking Ability on Student Learning Outcomes. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6538–6544. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3751

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Souhaly, R. W., Moma, L., & Huwaa, N. C. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i1.p18-22

Sudarman1, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Satrio. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 152(3), 28. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.42

Yenita, Y. (2017). Enhancing Students’Math Learning Outcomes on Determining Multiplication Operation Material Through Numbered Head Together (Nht) Model. Ta’dib, 20(2), 155. https://doi.org/10.31958/jt.v20i2.603




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.