PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI
(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura Pontianak
(3) Universitas Tanjungpura Pontianak
(4) Universitas tanjungpura
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to develop e-modules that can increase independence and understanding of concepts in learning trigonometric equations for students of Class XI MIA SMA Negeri 1 Sungai Raya. The 4-D development method (Four-D Model) used consists of four phases: definition, design, development, and deployment. The aim of this research is to develop e-modules that can increase independence and conceptual understanding in learning trigonometry equations for Class XI MIA students at SMA Negeri 1 Sungai Raya. The 4-D development model (Four-D Model) used consists of four phases: definition, design, development, and deployment. This research produced an e-model of trigonometry equation material that is valid, practical and can increase students' independence and understanding of concepts. The results of testing the understanding of the material concept of trigonometry equations average pretest 52.21 and posttest 84.85. This is also supported by the acquisition of a calculated score of 0.68 ?0.7. This means they have a better understanding of trigonometry equations. The results of the analysis of the level of learning independence of students obtained an independence level of 81.27%. The average score obtained is 81.27%, and the data shows that the independent learning of students goes well when learning with the developed e-modules. This research produced a product in the form of an e-module of trigonometry equations which was developed to help improve conceptual understanding of teaching materials and to increase students' independence in learning.
Pengembangan e-modul yang dapat meningkatkan kemandirian dan pemahaman konsep dalam belajar persamaan trigonometri peserta didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sungai Raya merupakan tujuan dari penelitian ini. Model pengembangan 4-D (Model Empat-D) yang digunakan terdiri dari empat fase: definisi, desain, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini menghasilkan e-model materi persamaan trigonometri yang valid, praktis serta dapat meningkatkan kemandirian dan pemahaman konsep peserta didik. Hasil pengujian pemahaman konsep materi persamaan trigonometri rata-rata pretest 52,21 dan postest 84,85. Hal ini juga didukung dengan perolehan skor hitung sebesar 0,68 0,7. Ini berarti pemahaman yang lebih baik tentang persamaan trigonometri dimiliki oleh mereka. Hasil analisis tingkat kemandirian belajar peserta didik diperoleh tingkat kemandirian sebesar 81,27%. Rata-rata skor yang diperoleh adalah 81,27%, dan data tersebut menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik berjalan baik ketika belajar dengan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-modul persamaan trigonometri yang dikembangkan guna membantu meningkatkan pemahaman konseptual materi ajar dan dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dalam belajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dorrenbacher, L., & Perels, F. (2016). Self Regulated Learning Profiles in College Student: Their Relationship to Achievement, Personality, and The Effectiveness of an Intervention to Foster Self Regulated Learning. Learning and Individual Differences, 51, 229 241.https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.09.015
Fajrie, laila., dkk. (2021). Pengembangan E-modul Interaktif untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dasar Desain Grafis. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/33278
Halimatussadiah, H., Sugiatno, S., & Ijuddin, R. (2020). Potensi Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Trigonometri. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(2), 144. https://doi.org/10.26418/ja.v1i2.42882
Hamdani, D., Kurniati, E., Sakti, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Mengggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konseptual Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. 10(1): 79-88
Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta didik SMP Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 6479. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392396.
Nadhif, A., & Rohmatika, I. (2020). The Role of Self-Regulated Learning on Students English Achievement. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(2), 249266. https://doi.org/10.21154/cendekia.v18i2.1799
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. America: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
NCTM. (2019). Chapter 1 Teaching Mathematics in the 21st Century. Principles and Standards for School Mathematics, 1908, 26.
Proklamanto, A. R. (2013). Rancangan dan Pengembangan Modul Elektronik Materi Turunan Fungsi dengan Program Geogebra. Universitas Sanata DharmaYogyakarta. https://repository.usd.ac.id/37641/2/161414022_full.pdf
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Rahayu, S. S., Rinaldi, A., & Gunawan, W. (2021). Aplikasi Program Linear: Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 107. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11442
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 178. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5032
Roznawanti, R., Mutaqin, A., & Ihsanudin. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Knisley Menggunakan platform Android sebagai Alternatif Pembelajaran Triginimetri SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 117128. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Sangka, I. G. N., & Yasa, I. M. A. (2021). Uji Praktikalitas E-Modul Trigonometri Berbasis Schoology Untuk Pembelajaran Daring Di Politeknik. Jurnal Pembelajaran Dan , 5, 177184. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/2797
Sari, A. A., & Ratu, N. (2022). Pengembangan E-Modul Trigonometri (EMOTIGON) Berbasis Android untuk Peserta didik SMA Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 586600. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1080
Septi, Ludiana. ( 2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Pakem. https://eprints.uny.ac.id/60321/
Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974). Model Pengembangan dan Pembelajaran. https://ayahalby.files.wordpress.com/2012/10/konseptual-pengembangan-danpembelajaran-modul.pdf.
Simanjuntak, S. D., & Imelda, I. (2018). Respon Peserta didik Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Konteks Budaya Batak Toba. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 8188. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.874
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanriseven, I. (2014). A Tool That Can Be Effective in The Self-Regulated Learning Of Pre-Service Teacher: The Mind Map. Australian Journal of Teacher Education, 39(1). https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n1.11
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(2), 329338.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6298
Refbacks
- There are currently no refbacks.