PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH NUMERASI BERDASARKAN GENDER

Hanik Hanik(1), Lathiful Anwar(2*), Vita Kusumasari(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Unversitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Masalah dalam pembelajaran matematika berperan penting sebagai sarana membangun kemampuan berpikir siswa. Kemampuan beripikir ini yang akan menjadi dasar siswa dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan. Kemampuan menyelesaikan masalah dapat dilatih dengan pemberian tugas matematika yang berisi masalah kontekstual. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pengambilan keputusan siswa dalam menyelesaikan tugas numerasi berdasarkan perbedaan jenis kelamin (gender). Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif pada siswa kelas VII di salah satu sekolah menengah di Kabupaten Malang. Siswa diberikan soal tes numerasi  kemudian dipilih 2 jawaban benar dari 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan yang mewakili gender. Data lain diperoleh melalui wawancara untuk menambah informasi mengenai proses pengambilan keputusan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh siswa laki-laki dan siswa perempuan yaitu: 1). Siswa laki-laki membangun ide dengan mempertimbangkan informasi dari soal serta mengarah pada pertanyaan, siswa perempuan memilih semua cara yang mungkin dari soal, 2). Siswa laki-laki mengklarifikasi ide dengan menyelesaikan setiap kasus secara tuntas sedangkan perempuan mengelompokkan perhitungan terlebih dahulu, 3). Siswa laki-laki menilai kewajaran ide dengan mengecek kebenaran pada soal semula sedangkan siswa perempuan tidak selalu mengecek jawaban. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat perbedaan pengambilan keputusan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah numerasi yaitu terletak pada alur dan cara mengerjakan soal.


Keywords


Gender; Pengambilan Keputusan; Tugas Numerasi

References


Abdul, A., Smpn, H., & Sidoarja, W. (2019). Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Asari, A. (2014). Mengupayakan Pembelajaran Yang Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013. https://doi.org/10.13140/2.1.1389.2644

Awofala, A. O. A., & Blessing, A. E. (2014). Assessing Adult Learner’s Numeracy as Related to Gender and Performance in Arithmetic. Journal of New Approaches in Educational Research, 3(2), 83–92. https://doi.org/10.7821/naer.3.2.83-92

Ayu Kusgiarohmah. (2022). Kemampuan Representasi Simbolik Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. 06(01), 560–571.

Bezerra, W. W. V., Gontijo, C. H., & Fonseca, M. G. (2021). Fostering Mathematical Creativity in the Classroom Through Feedbacks. Acta Scientiae, 23(2), 88–112. https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.6213

Curry, D. (2019). The PIAAC Numeracy Framework: A Guide to Instruction.

Darmadi, D., & Sanusi, S. (2020). Visual reasoning analysis of female students in solving mathematical problems. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012019

Dorisno, Tarbiyah, F., Keguruan, D., Imam, U., & Padang, B. (2019). Hubungan Gender Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. http://www.detikhealt.com/31/07/2012/anak-

Firmasari, S., Sulaiman, H., Hartono, W., & Noto, M. S. (2019). Rigorous mathematical thinking based on gender in the real analysis course. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042106

Ghazal, S. (2014). Component Numeracy Skills and Dessicion Making [Michigan Technological University]. https://doi.org/10.37099/mtu.dc.etds/964

Ginsburg, L., Manly, M., & Schmitt, M. J. (2006). The Components of Numeracy.

Hafni, R. N. (2018). Analysis Students’ Decision-Making Style in Mathematical Critical Thinking Skill Teaching for Critical Thinking View project analysis of students’ decision making View project. https://doi.org/10.26666/rmp.ajtve.2018.1.2

Korstjens, I., & Moser, A. (2018). Series: Practical guidance to qualitative research. Part 4: Trustworthiness and publishing. European Journal of General Practice, 24(1), 120–124. https://doi.org/10.1080/13814788.2017.1375092

Kus, M. (2018). Numeracy. In Kus Numeracy 58 Brock Education Journal (Vol. 27, Nomor 2).

Leonisa, I., & Soebagyo, J. (2022). Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77–86.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. https://www.researchgate.net/publication/338819078

Murtafiah, W., Lukitasari, M., & Lestari, N. D. S. (2021). Exploring the Decision-Making Process of Pre-Service Teachers in Solving Mathematics Literacy Problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 145–160. https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.13908.145-160

Murtafiah, W., Sa’dijah, C., Chandra, T. D., & Susiswo, S. (2019). Decision Making of the Winner of the National Student Creativity Program in Designing ICT-Based Learning Media. TEM Journal, 8(3), 1039–1045. https://doi.org/10.18421/TEM83-49

Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic Analysis: Striving to Meet the Trustworthiness Criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1). https://doi.org/10.1177/1609406917733847

Nusantara, T., As, A.-R., & Irawati, S. (2018). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Purnomo, H., Sa’dijah, C., Hidayanto, E., Sisworo, Permadi, H., & Anwar, L. (2022). Development of Instrument Numeracy Skills Test of Minimum Competency Assessment (MCA) in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(3), 635–648. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15335a

Purnomo, H., Sa’dijah, C., Permadi, H., Anwar, L., & Cahyowati, E. T. D. (2023). Mathematical Creative Processing Abilities of Junior High School Students’ in Numeracy Tasks. AIP Conference Proceedings, 2569(January). https://doi.org/10.1063/5.0113667

Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, J., Anggreini, D., & Dyah Asmarani, L. (2022). Students’ Thinking Processes in Solving Mathematics Problems in terms of Gender. JRPIPM, 5(2), 103–116.

Sa’dijah, C., Murtafiah, W., Anwar, L., Nurhakiki, R., & Cahyowati, E. T. D. (2021). Teaching Higher Order Thinking Skills in Mathematics Classrooms: Gender Differences. Journal on Mathematics Education, 12(1), 159–180. https://doi.org/10.22342/jme.12.1.13087.159-180

Sa’dijah, C., Purnomo, H., Abdullah, A. H., Permadi, H., Anwar, L., Cahyowati, E. T. D., & Sa’diyah, M. (2023). Students’ Numeracy Skills in Solving Numeracy Tasks: Analysis of Students of Junior High Schools. AIP Conference Proceedings, 2569(January). https://doi.org/10.1063/5.0113664

Sari, V. T. A., & Nurfauziah, P. (2019). Effect of knisley’s mathematical model on gender’s mathematical critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012058

Suwarno, S., Nusantara, T., Susiswo, S., & Irawati, S. (2022). The Decision Making Strategy of Prospective Mathematics Teachers in Improving LOTS to be HOTS Problem. Int. J. Nonlinear Anal. Appl, 13, 2008–6822. https://doi.org/10.22075/ijnaa.2022.5776

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. 5(2), 87–94




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.