PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG

Mayang Kusumaning Rahady(1*), Rahayu Condro Murti(2), Banu Setyo Adi(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Siswa pada abad ke-21 menghadapi era globalisasi yang menuntut keterampilan yang memadai. Kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 menuntut keterampilan tingkat berpikir tingkat . Tujuan penelitian dari ini adalah melihat bagaimana pengaruh LKS berbasis high skills order thinking (HOTS) terhadap hasil matematika belajar kognitif siswa kelas V. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif pendekatan jenis dengan penelitian Test-pre dan Test-post serta sebagai angket belajar hasil . Angket belajar hasil digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Populasi yang diteliti penelitian ini dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 2 Sanden, dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Uji-t sampel berpasangan digunakan untuk data menganalisis . Berdasarkan pengujian perhitungan hipotesis dengan menggunakan t-uji, dengan hasil Validitas Uji menunjukkan hasil r = 0,396 > (0,05), item-item semua menunjukkan hasil yang valid. Uji nilai Ketergantungan > 0,781 reliabel maka nilainya 0,757. Berdasarkan hasil validitas uji dan reliabilitas, semua variabel reliabel/konsisten karenaitem  semua item pada masing-masing variabel valid. Hasil normalitas uji nilai hasil belajar sebesar 0,062 > (0,05) melebihi signifikan nilai, kemudian variabel nilai berdistribusi normal, dilanjutkan dengan one sample t-test, hasil uji t hasil belajar pada t -nilai statistik 14,523 > (0,05), maka tolak H0.Kesimpulanya adalah diketahui dapat pengaruh  adanya pengaruh Lembar Kerja peserta didik berbasis High order  skill Thinking skill (HOTS) terhadap belajar yang kognitif dihasilkan kelas V matematika.

Kata kunci: Lkpd, high order thinking skill (hots), bangun ruang.

 

 

Abstract

 

Students in the 21st century face a globalization era that demands adequate skills. Learning activities in the 2013 Curriculum require level thinking skills. The purpose of this research is to see how the effect of LKS based on high skills order thinking (HOTS) on cognitive mathematics learning outcomes of fifth grade students. This research method uses a quantitative type approach with Test-pre and Test-post research as well as a learning outcome questionnaire. The learning outcomes questionnaire was used to collect data in this study. The population studied in this study in this study was class V SDN 2 Sanden, with a total sample of 25 students. Paired sample t-test was used to analyze data. Based on testing the hypothesis calculation using the t-test, with the results of the Validity Test showing the results of r = 0.396 > (0.05), all items show valid results. The dependency value test > 0.781 is reliable, so the value is 0.757. Based on the results of the test validity and reliability, all variables are reliable/consistent because all items in each variable are valid. The results of the normality test for the value of learning outcomes are 0.062 > (0.05) exceeding the significant value, then the value variables are normally distributed, followed by the one sample t-test, the t test results for learning outcomes on t-statistical values are 14.523 > (0.05), then reject H0. In conclusion, it is known that there is an influence of the influence of Student Worksheets based on High Order Thinking Skills (HOTS) skills on cognitive learning produced by class V mathematics.

Keywords: Lkpd, high order thinking skills (hots), building space.


Keywords


LKPD, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Build Space

References


Andrean, N. J., Noer, S. H., & Asmiati. (2019). Pengembangan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kemandirian Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 270–278.

Ardiyanti, Y., Studi, P., Matematika, P., & Karawang, U. S. (2016). Berpikir kritis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah berbantuan kunci determinasi. 5(2), 193–202.

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38.

Celikler, D., & Aksan, Z. (2012). The Effect of the Use of Worksheets About Aqueous Solution Reactions on Pre-service Elementary Science Teachers’ Academic Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 4611–4614. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.306

CHOLIFAH, R. (2016). Pembuatan Lembar Kerja Siswa Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kelas XI Di SMKN 1 Driyorejo. It-Edu, 1(2).

Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117.

Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 268–283.

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.

Heryani, Y., & Setialesmana, D. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–52.

Nugroho, M. A. (2018). Analisis Cluster Container Pada Kubernetes Dengan Infrastruktur Google Cloud Platform. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(2).

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122.

Taufikin, M.A. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbaisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Surakarta: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Thomas, A., & Thorne, G. (2009, Februari1). Higher level thinking-It's HOT! Dipetik April 17, 2016, dari The Center for Development andLearning:http://www.cdl.org/articles/higher-order-thinking-its-hot/

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305

Ridwan, 2012, “ Análisis jalur (Path Análisis), Edisi kedua, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.