PENGEMBANGAN SOAL AKM DENGAN ETHNOMATEMATIKA BERBASIS CANVA UNTUK SISWA MENGUKUR LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Dyah Ayu Pramoda Wardhani(1*), Wuli Oktiningrum(2),

(1) Universitas Islam Raden Rahmat Malang
(2) Universitas Islam Raden Rahmat Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Literasi numerasi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa yang digunakan untuk memahami suatu konsep, prosedur, serta angka – angka matematika untuk menyelesaikan masalah sehari – hari, sehingga siswa menyadari bahwa matematika berperan penting dalam kehidupan sehari – hari untuk menyelesaikan permasalahan hidup. Literasi numerasi akan membentuk penalaran yang sistematis dan terstruktur. Tetapi kemampuan tersebut belum dikuasi sepenuhnya oleh siswa karena banyak factor, salah satunya adalah keterbatasan media serta penyajian soal yang monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti merancang instrument soal AKM dengan ethnomatematika berbasis canva untuk mengukur literasi numerasi siswa sekolah dasar se-Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Subyek penelitian adalah 100 siswa sekolah dasar se – Kabupaten Malang. Tahap analisis dimulai dari isi, konteks, dan proses kognitif. Pada tahap desain, peneliti merancang pertanyaan esai berdasarkan konten, konteks, dan AKM berbasis proses kognitif. Validitas berasal dari evaluasi empiris validasi dan uji reliabilitas kelompok kecil. Tahap implementasi menunjukkan bahwa pertanyaan memiliki dampak potensial pada kemampuan literasi numerasi siswa. Bagian terakhir, tahap evaluasi menunjukkan jika siswa perlu meningkatkan keterampilan literasi numerasi siswa untuk menghadapi era revolusi 4.0.

 


Keywords


ADDIE, AKM, ethnomatematika, Kemampuan Literasi Numerasi, Pengembangan soal

References


Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087

D.M. Andikayana, N. Dantes, & I.W. Kertih. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622

Fajri, Z., Febriliana, I., Riza, D., Azizah, H., & Sofiana, Y. (2022). Sosiologi. X, 397–408.

Han, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Kusuma, D. A., Dewanto, S. P., Ruchjana, B. N., & Abdullah, A. S. (2017). The role of ethnomathematics in West Java (a preliminary analysis of case study in Cipatujah). Journal of Physics: Conference Series, 893(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/893/1/012020

Muslimahayati, M. (2020). Pengembangan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 12. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2459

Mustain, Ling. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data : Study Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scientiae Educatia Journal. Vol.5 No.2

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568

Oktiningrum, W., & Wardhani, D. A. P. (2020). Developing Hot Mathematics Task with Indonesian Heritage as Context to Assess Mathematical Literacy of Students in Primary School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 69. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.1997

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/priSMA/article/view/21427

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

S. Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada

Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of

Mathematics and Education, 5, 566–575

Winata, Anggun, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio, Vol.7 No.2, pp 498-508.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.