ETHNOMATHEMATICS: MATHEMATICS IN BATIK TURONGGO YAKSO FROM TRENGGALEK

Novia Frisda Eldiana(1), Shirly Rizki Kusumaningrum(2), Radeni Sukma Indra Dewi(3*),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstract

Culture is something that is unique and can be a characteristic or identity of an area that is formed from daily habits. Without realizing it, culture is closely related to education, one of which is mathematics. Because culture can be used as a learning media associated with realistic learning styles, culture as a learning medium can be used by educators in the learning process, especially in mathematical concepts. Learning mathematics that is done with a cultural approach is called ethnomathematics. Ethnomathematics is a realistic mathematics learning approach that bridges mathematics learning through local culture. The purpose of this research is to explore Trenggalek's Turonggo Yakso Batik Motif and to describe the mathematical concepts in Turonggo Yakso's Typical Batik elements Trenggalek. This research is a type of qualitative research using an ethnographic approach. The results of this study indicate that the characteristics of the Turanggo Yakso Typical Trenggalek Batik Motif can be implemented as a medium for learning mathematics in the following materials: flat shape, folding symmetry, rotational symmetry, angles, reflection, congruence, and congruence.

 

Abstrak

Budaya adalah hal yang unik dan dapat menjadi penciri atau identitas dari suatu daerah yang terbentuk dari kebiasaan sehari-hari. Tanpa disadari budaya berkaitan erat dengan pendidikan, salah satunya dengan mata pelajaran matematika. Hal tersebut karena budaya dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang dikaitkan dengan gaya belajar realistik. Budaya sebagai media pembelajaran dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran terutama pada konsep matematika. Pembelajaran matematika yang dilakukan dengan pendekatan budaya disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran matematika realistik yang menjembatani pembelajaran matematika melalui budaya setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi Batik Motif Turonggo Yakso khas Trenggalek dan mendeskripsikan konsep matematika yang ada pada unsur Batik Motif Turanggo Yakso Khas Trenggalek Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur dari Batik Motif Turanggo Yakso Khas Trenggalek dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran matematika pada materi: bangun datar, simetri lipat, simetri putar, sudut, pencerminan, kesebangunan dan kekongruenan.


Keywords


Batik Turanggo Yakso From Trenggalek, ethnomathematics, exploration

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., & Rahmawati, A. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Kayu Krebet Bantul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 163–172. https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9531

Adilla Hanny, N., & Suhartini, R. (2018). Motif Batik Trenggalek. Jurnal Tata Busana, 7(3), 24–32.

Afnan, D. (2018). Ritualisasi Nadran Sebagai Sarana Komunikasi Antara Budaya Dan Agama. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 12(01), 1–6. https://doi.org/10.32534/jsfk.v12i01.1445

Agustin, R. D., Ambarawati, M., & Era Dewi Kartika, E. D. (2019). Ethnomatematika: Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.190

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). Studi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Cilacap. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218.

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Kabupaten Ende. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4254

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Uskono, I. V., Leton, S. I., & Djong, K. D. (2020). Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah:Eksplorasi Konsep-Konsep Geometri Pada Budaya Suku Boti. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 739. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2900

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.876

Fauzan, R., & Nashar, N. (2017). “Mempertahankan Tradisi, Melestarikan Budaya” (Kajian Historis dan Nilai Budaya Lokal Kesenian Terebang Gede di Kota Serang). Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 1. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2882

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., Radiusman, R., & Widodo, A. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Budaya Sasak sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.1-13

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2022). Eksplorasi Etno Matika Pada Motif Batik Kota.

Hidayatulloh, N., & Hariastuti, R. M. (2018). KAJIAN ETNOMATEMATIKA ANGKLUNG PAGLAK BANYUWANGI. 06(1), 68–72.

Islam, M. T., & Mariana, N. (2021). Konsep Geometri Dalam Motif Batik Mojokerto Sebagai Peninggalan Kerajaan Majapahit. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7), 2788–2801.

Jayadi, U., & Kamarudin, L. (2021). Budaya Bereqe Sasak Lombok Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Religius Dan Jati Diri Masyarakat Montong Baan Kecamatan Sikur Lombok Timur. Berajah Journal, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.4

Naja, F. Y., Mei, A., & Sa’o, S. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Gerak Tari Tradisional Suku Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1836. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3885

Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456

Pramudita, K., & Rosnawati, R. (2019). Exploration of Javanese culture ethnomathematics based on geometry perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012002

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Rapa, L. G., & Ramadhan, N. R. (2022). OPEN ACCESS EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP MAKANAN KHAS TORAJA Ethnomathematic Exploration Of Toraja ’ s Special Food Abstrak. 11(September), 123–131. https://doi.org/10.22487/j24775185.2021.v10.i1.pp-pp

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 [The role of ethnomathematics in the application of mathematics learning in the 2013 curriculum]. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118–125.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032

Sa’o, S., Mei, A., Bito, G. S., & Mei, M. F. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA POLA LANTAI PADA FORMASI TARIAN TEA EKU DAERAH NAGEKEO. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(April), 49–58.

Sudianto, S., & Santoso, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Pembuatan Motif Batik Kabupaten Majalengka. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2949. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.967

Ulum, B., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.