RANCANGAN MODUL AJAR FASE D KONTEN ANALISA DATA DAN PELUANG DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM PARADIGMA BARU

Linda Ardani Afriliziana(1), Yenita Roza(2*), Maimunah Maimunah(3),

(1) Universitas Riau
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Pemerintah indonesia memberikan tiga opsi kurikulum yang dapat diterapkan oleh sekolah dalam upaya pemulihan pembelajaran. Salah satu opsi kurikulum yang ditawarkan adalah kurikulum paradigma baru. Perbedaan dalam kurikulum paradigma baru dengan kurikulum sebelumnya salah satunya adalah perangkat pembelajaran model baru yang dikenal dengan sebutan modul ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul ajar fase D pada konten analisa data dan peluang yang valid untuk siswa kelas VII dalam implementasi kurikulum paradigma baru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Tahap define meliputi analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis capaian pembelajaran, dan analisis profil pelajar pancasila. Tahap design dilakukan dengan menyusun alur tujuan pembelajaran, membuat rancangan awal modul yang meliputi pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Tahap develop meliputi pengembangan modul ajar sesuai dengan rancangan awal dan validasi produk dan revisi produk. Tahap dessiminate dilakukan dengan membuat artikel untuk dipublikasikan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas modul ajar dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Modul ini dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian dengan rata-rata nilai sebesar 3,94 dilihat dari aspek-aspek modul ajar sudah lengkap sehingga modul ajar layak untuk diujicobakan dan direkomendasikan untuk digunakan oleh guru sekolah menengah.


Keywords


analisa data dan peluang; kurikulum paradigma baru; modul ajar

References


Abdullah, T., Roza, Y., Matematika, P., & Riau Kampus Bina Widya, U. K. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kelengkapan RPP Matematika pada Guru SMAN 5 Tapung. 10(3).

Andari, T., & Lusiana, R. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kajian Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1332.

Aqilah, Z., & Kartini, K. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Prisma Dan Limas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2170.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (n.d.). Jurnal Didaktik Matematika Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Firdaus, F. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Mikir dengan Menggunakan Whatsapp Group pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pedagogik, 8(2), 1–9.

Fitriani, D. P., Sari, J. F., & Akhsina, G. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 185–195.

Handayani, K., Mariani, S., & Asikin, M. (2018). Kajian Konseptual Pembelajaran Project dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 399–407.

Hikmah, A., Roza, Y., Pendidikan, M., & Riau, M. (2019). Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP MATARAM Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Soal SPLDV. Juni, 7(1).

Junita, R. (2016). Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 193–206.

Kemendikbud. (2021). Kebijakan kurikulum untuk membantu pemulihan pembelajaran 20.

Khairunisa, R. W., & Basuki. (2021). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan CIRC. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124.

Liulinuha, U., Mustangin, & Fathani, A. H. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Model Accelerated Learning Tipe Master Materi Penyajian Data Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(6), 93–101.

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1).

Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa antara TPS dan STAD. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33–40.

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi penyajian data. Sesiomadika, 2(1), 1094–1108.

Pulungan, D. A., Retnawati, H., & Jaedun, A. (2022). Students’ Difficulties In Online Math Learning During Pandemic Covid 19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 305.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Soekisno, R. B. A., Zulkarnaen, R., & Ruli, R. M. (2021). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Ditinjau Dari Analisis Uraian Materi Dan Hambatan Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1902.

Surya, A. D., & Pebrian, A. (2022). Bedah Kurikulum Prototipe. CV. Dewa Publishing.

Waru, M. V. (2016). Perbandingan kemampuan komunikasi matematika melalui pembelajaran quantum dan pembelajaran langsung dengan memperhitungkan kemampuan awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 93–100.

Winaldi, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Mathematical Learning Resources Using Android Applicatioan for Online Learning during Pandemic Covid-19. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1).

Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PLoS ONE, 13(9).

Yuliani, E. N., Arnawa, I. M., Musdi, E., & Hidayat, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 407.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.