EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK

Anggun Pastika Sandi(1*), Asna Lutfa(2), Amaira Utami(3),

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
(2) Univesritas Nahdlatul Ulama Indonesia
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini ingin mengetahui 1)Pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kecerdasan logis matematis dan kemampuan berpikir kritis matematik secara multivariat, 2) Pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kecerdasan logis matematis, 3) Pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada siswa SMP Negeri 30 di Jakarta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode analisis treatment by level, sampel yang diambil telah ditetapkan (purposive sampling) sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis varian multivariat (MANOVA). Berdasarkan hasil analisis 1) Terdapat pengaruh positif pendekatan realistic mathematics education terhadap kecerdasan logis matematis dan kemampuan berpikir kritis matematik secara multivariat, 2) Terdapat pengaruh positif pendekatan realistic mathematics education terhadap kecerdasan logis matematis, 3) Terdapat pengaruh positif pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan berpikir kritis matematik.

The purpose of this research is to find out 1)The effect of a realistic mathematics education approach on logical-mathematical intelligence and critical thinking skills in a multivariate manner, 2) The effect of a realistic mathematics education approach on logical-mathematical intelligence, 3) The effect of a realistic mathematics education approach on critical thinking skills students of state junior high school 30 in North Jakarta. This research is experimental research with analysis method treatment by level, the sample taken has been determined (purposive sampling) as much as 40 students. Data collection is done giving a test. Data analysis techniques in hypothesis testing using multivariate analysis of variance (MANOVA). Based on the results of the analysis 1) There is a positive effect of a realistic mathematics education approach on logical-mathematical intelligence and critical thinking skills in a multivariate manner, 2) There is a positive effect of a realistic mathematics education approach on logical-mathematical intelligence, 3) There is a positive effect of a realistic mathematics education approach on critical thinking skills.


Keywords


Kecerdasan Logis; Kemampuan Berpikir Kritis; Realistic Mathematics Education.

References


Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi;, & Dahlan, J. A. (2021). Critical Thinking Skills In Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012013

Astuti, M. N. (2018). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 103–113.

Farida, U. C. S. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1563–1572.

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23

Kurnia Asih, A., Bambang Irawan, E., & Sa, C. (2017). Penerapan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 524–530. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Mustapa, Z. (2018). Efetivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Guppi Samata Gowa. In UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

Nurmaharani, Rika; Sunardi; Kurniati, D. (2017). Pengembangan Indikator 4C’s Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1. KADIKMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 154–160.

Palinussa, A. L. H. T. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa SMP Di Kota Ambon. 10(2), 951–963.

Puspadewi, K. R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Ikrar Berorientasi Kearifann Lokal Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(1), 1–15.

Rahman, Z. H. R. S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(3), 248–253.

Rizqi Nashrullah, F., Asikin, M., & Waluya, B. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme). Jurnal Int∑gral, 12(1), 1–18.

Roga, A. P. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit. In UIN SULTAN JAMBI. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Sa’dijah, C. (2013). Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual Yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 20(2), 222–227.

Sandi, A. P. (2022). Pengaruh Kemampuan Abstraksi Matematik, Kecerdasan Interpersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir …. https://ecampus.unusia.ac.id/repo/handle/123456789/299

Setianingsih, R. (2016). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Mengembangkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Univeristas Negeri Malang, 524–536.

Setyaningsih, R., Haryanto, H., & Rhosyida, N. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1658. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3859

Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis (Analysis of Cynnitive Ability in Troubleshooting Based on Logical-Material Intelligence). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83.

Ulum Fatmahanik. (2016). Realistic Mathematic Education (Rme) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8694

Wijaya, E. M. S. ; N. P. I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Realistic Mathematic Education (RME). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 648–658.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.