EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KOLABORASI DAN LITERASI DIGITAL
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keterampilan abad 21 sangat penting dipelajari bagi siswa seperti berpikir kritis, kolaborasi dan literasi digital. Model pembelajaran merupakan salah satu solusi agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi dan literasi digital yaitu model kooperatif tipe think pair share (TPS) Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, 2) mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kolaborasi, 3) mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi digital siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan subjek penelitian kelas VIII-3 SMP N 2 Raya Kahean yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired t-test (t berpasangan).Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi dan literasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan saintifik. Simpulan penelitian ini bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis,kolaborasi dan literasi digital siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andrean, N. J., Noer, S. H., & Asmiati. (2019). Pengembangan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kemandirian Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 270–278.
Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230.
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117.
Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 268–283. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2681.
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.
Heryani, Y., & Setialesmana, D. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–52.
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213–220.
Listyotami, M. K., Noer, S. H., & Haenilah, E. Y. (2018). Discovery Learning to Develop Student Reflective Thinking Ability and Self-Efficacy. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 73–84.
Masfingatin, T., & Murtafiah, W. (2020). Exploring The Creative Mathematical Reasoning of Mathematics Education Student Through Discovery Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 296–305.
Nisiyatussani, Ayuningtyas, V., Fathurrohman, M., & Anriani, N. (2018). GeoGebra applets design and development for junior high school students to learn quadrilateral mathematics concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 27–40.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.137
Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Softwere Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166–173. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663
Razi, Z., & Mirunnisa. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 520–527.
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Vahlia, I. (2014). Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation terhadap Prestasi Belajar matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 43–54.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6190
Refbacks
- There are currently no refbacks.