PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pencapaian perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif berupa modul ajar, LKS dan THB berbasis STEM-PjBL serta menguji pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis. Penggabungan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D dilakukan dalam penelitian ini serta juga mencakup penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Hal ini dapat dilihat pada rapor pendidikan yang mana pada indikator literasi, numerasi, maupun bernalar kritis masih dibawah kompetensi minimum. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebagai subjek uji coba dan kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM 1 dan 2) masing-amsing berjumlah 25 orang sebagai sampel. Pengukuran dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil validasi untuk modul ajar, LKS, serta THB telah valid dengan skor secara berurutan adalah 4,77; 4,70; dan 4,81. Pada hasil kepraktisan diperoleh hasil 92,00% dengan kategori sangat baik. Nilai kefektifan menurut hasil penilaian hasil belajar yang telah dilaksanakan diperoleh hasil 78,13% siswa tuntas mengikuti pembelajaran serta 93,75% siswa merespon positif terhadap pembelajaran. Hasil pengujian t-test bahwa perangkat pembelajaran matematika model STEM-PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
This study aims to develop valid, practical, and effective mathematics learning tools in the form of teaching modules, LKS and THB based on STEM-PjBL and to test their effect on critical thinking skills. This research combines development research (R&D) with 4D models and experimental research which is motivated by the low critical thinking skills of SMK students. This can be seen in the education report cards where the literacy, numeracy, and critical reasoning indicators are still below the minimum competency. This study involved 32 students of class X Light Vehicle Engineering (TKR) as test subjects and class X Motorcycle Engineering (TSM 1 and 2) each with 25 people as samples. The instruments used in this study were validation sheets, observation sheets on the implementation of learning devices, learning achievement tests and student response questionnaires. Validation results for teaching modules, LKS, and THB are valid with a score of 4.77 respectively; 4.70; and 4.81. In practicality results obtained results of 92.00% with very good category. The effectiveness value based on the learning outcomes test that has been carried out shows that 78.13% of students complete the lesson and 93.75% of students respond positively to learning. Based on the t-test on the results of experimental research, it was found that the STEM-PjBL model of mathematics learning had a significant effect on students' critical thinking skills.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212.
Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM-PjBL. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Astiantari, I., Pambudi, D.S., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., Murtikusuma, R.P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(2), 1270-1281.
Cahyani, G. P., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 71–78.
Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Approach. Springer Science & Business Media.
Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Dan Tidak Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354.
Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60.
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model PBL Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649.
Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272.
Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2017). Science, Technology, Engineering And Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) Pada Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2.
Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 202–207.
Pamungkas, I., Zubaidah, Z., & Ijuddin, R. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).
Priatna, N., Lorenzia, S. A., & Muchlis, E. E. (2020). Pedesaan Pengembangan Model Project-Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 347–359.
Rahardhian, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pjbl Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–9.
Rush, D. L. (2016). Integrated STEM Education Through Project Based Learning. Solution Manager at Learning Journal, 1(10).
Sayekti, A. M., & Suparman. (2020). Development Of PJBL-Based LKPD With STEM Approach Design To Improve Critical Thinking Skills. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(3), 3390–3394.
Siew, N. M., Amir, N., & Chong, C. L. (2015). The Perceptions Of Pre-Service And In-Service Teachers Regarding A Project-Based STEM Approach To Teaching Science. SpringerPlus, 4(1), 1–20.
Su, H. F. H., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical Teaching Strategies: Pathways To Critical Thinking And Metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190–200.
Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.
Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di SMP Dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197–210.
Supratman, S., & Putri, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Student Team Achievement Division Dan Learning Together. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1284–1292.
Tseng, K.-H., Chang, C.-C., Lou, S.-J., & Chen, W.-P. (2013). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) In A Project-Based Learning (PjBL) Environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102.
Windasari, N. S. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Stem (PjBL-STEM) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Asam Dan Basa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 47–53. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpkim.v9i1.33840
Yanti, S., Rahmatan, H., & Sarong, M. A. (2021). The Application of STEM Project-Based Learning Model to Improve Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of Year 10 Students of MAS Darul Ihsan. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 11(4), 63–68.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6184
Refbacks
- There are currently no refbacks.