KONTEKS KULINER TRADISIONAL SUMATERA SELATAN DALAM LKPD PMRI BERBASIS MASALAH OPEN ENDED DI SEKOLAH DASAR

Muslimin Muslimin(1), Luvi Antari(2*), Rohmatun Khasanah(3), Bonita Hirza(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Palembang
(2) Universitas Muhammadiyah Palembang
(3) Universitas Muhammadiyah Palembang
(4) Universitas Muhammadiyah Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan  bahan ajar LKPD pendekatan PMRI menggunakan masalah open ended materi pecahan senilai di kelas IV SD  yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar yang ditinjau dari hasil tes akhir belajar peserta didik. LKPD ini dikembangkan dengan menggunakan konteks kuliner tradisional Sumsel yang merupakan kearifan local. Konteks kuliner yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pempek Lenjer, Pempek Lenggang dan Wajik Ketan yang merupakan makanan keseharian masyarakat Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap Preliminary yang diadopsi dari Akker dan Formative Evaluation menggunakan alur Tessmer. Peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Makarti Jaya sebanyak 20 orang adalah subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan walkthrough, dokumentasi  dan tes. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis produk LKPD yang diperoleh dari hasil  walkthrough, dokumentasi dan tes. Hasil analisis data diperoleh LKPD yang valid dan praktis. Valid dapat dilihat dari hasil penilaian validator, yaitu validator konstruks, validator isi/content, dan validator bahasa. Selaras dengan keterbacaan LKPD oleh peserta didik di tahap one-to-one. Kepraktisan terlihat dari hasil komentar dan respon peserta didik pada tahap small group bahwa peserta didik senang menggunakan LKPD yang dikembangkan. Hasil analisis data tes yang telah dilakukan pada tahap field test diperoleh rata-rata nilai akhir peserta didik yaitu 85,04 yang menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik sekali, maka disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

This study aims to develop LKPD teaching materials using the PMRI approach using open ended problems of equivalent fraction material in grade IV SD which are valid, practical, and have a potential effect on learning outcomes in terms of the results of students' final learning tests. This LKPD was developed using the traditional culinary context of South Sumatra which is local wisdom. The culinary contexts used in this study are Pempek Lenjer, Pempek Lenggang and Wajik Ketan which are the daily food of the people of South Sumatra. This study uses a development research method which consists of the Preliminary stage adopted from Akker and Formative Evaluation using the Tessmer flow. There were 20 students in grade IV at SD Negeri 4 Makarti Jaya as the subjects in this study. Data collection techniques using walkthroughs, documentation and tests. Data analysis in this study is an analysis of LKPD products obtained from the results of walkthroughs, documentation and tests. The results of data analysis obtained LKPD are valid and practical. Valid can be seen from the results of the validator's assessment, namely the construct validator, content validator, and language validator. In line with the readability of LKPD by students in the one-to-one stage. The practicality can be seen from the results of the comments and responses of students at the small group stage that students enjoy using the developed LKPD. The results of the analysis of test data that has been carried out at the field test stage obtained an average final score of students, namely 85.04 which indicates that student learning outcomes are included in the very good category, so it is concluded that the LKPD that has been developed has a potential effect on participant learning outcomes educate.


Keywords


LKPD, Open Ended Problems, PMRI, South Sumatran Traditional Culinary

References


Agustyarini, Y., & Masruroh, H. (2022). Efektivitas Pendekatan PMRI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Pecahan Senilai di MIS Setia Bhakti Trawas. 1(1), 182–189.

Akker, J. Van Den. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Educational and Training (pp. 1–14). Kluwer Academic Publisher.

Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2018). Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD; Domino Development of Open Based Fractions Ends To Improve Elementary Students’ Creative Thinking Abilities. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 178.

Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 25. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.3938

Antari, L., Muslimin, & Rukmala. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Dengan Konten Nilai Islam Materi Himpunan. Aksioma, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 213–223.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Astari, S. Y., Kesumawati, N., & Misdalina, M. (2021). Development of Social Arithmetic Teaching Materials Using IT-Based PMRI Approach for SMP Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 191–202. https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.13022.191-202

Danic, I., Japa, I. G. N., & Diputra, K. S. (2019). Penguatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Open-Ended. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6, 9–22.

de Ries, K. E., Schaap, H., van Loon, A. M. M. J. A. P., Kral, M. M. H., & Meijer, P. C. (2022). A literature review of open-ended concept maps as a research instrument to study knowledge and learning. In Quality and Quantity (Vol. 56, Issue 1). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11135-021-01113-x

Deda, Y. N., & Maifa, T. (2021). Efek Potensial Lembar Kerja Siswa Matematika Menggunakan Konteks Makanan Tradisional Timor Pada Materi Perbandingan. Aksioma,Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1952–1962.

Martin Tessmer. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education andTraining. Kogan Page.

Maryam, M., Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059

Muslimin, Ratu Ilma Indra Putri, Zulkardi, & Aisyah, N. (2020). Learning_Integers_With_Realistic_Mathematics_Educa (Matematika Islam Internasional 1. Journal on Mathematics Education, 11(3), 363–384. https://www.researchgate.net/publication/343969972_learning_integers_with_realistic_mathematics_education_approach_based_on_islAMIC_VALUES/link/5f4a8f11a6fdcc14c5e25719/download

Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856

Najwa, W. A. (2018). Pendekatan PMRI sebagai Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 575–581. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20200

Nurbaiti, & Marbun, L. P. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Open Ended Problem Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(3), 207–219. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1215

Oktaria, F. D., Idris, M., & Suriadi, A. (2022). Tinjauan Historis Akulturasi Budaya Dalam Kuliner Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Kalpataru,Jurnal Sejarah Dan Penidikan Sejarah, 8(1), 31–41. file:///C:/Users/USER/Downloads/8962-18728-1-PB.pdf

Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543

Rahim, R., & Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Negeri 5 Medan. Jurnal Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–8.

Rahmawati, S., & Putri, R. I. I. (2022). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Fungsi Kuadrat Menggunakan PMRI Dan Collaborative Learning Berbantu Media Video. Aksioma,Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 577–588.

Rambe, T. M., Ananda, F., & Batubara, I. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.