EKSPLORASI KONSEPTUAL MATEMATIS PADA BATIK TRUSMI KHAS CIREBON DITINJAU DARI ASPEK ETNOMATEMATIKA
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Istilah Etnomatemarika diartikan sebagai matematika dalam kebudayaan. Terdapat kebudayaan pada masyarakat Indonesia dengan konseptual matematis. Salah satu kebudayaan hasil karya masyarakat Indonesia adalah Batik. Batik yaitu hasil karya menulis menggunakan lilin diatas kain. Batik terdiri dari dua jenis yaitu batik cap dan batik tulis. Daerah Trusmi Kota Cirebon merupakan salah satu penghasil Batik terkenal di Jawa Barat. Dalam penelitian ini memiliki tujuan penelitian yaitu untuk mengungkapkan konseptual matematis yang terdapat pada proses pembuatan dan motif pada kain batik, selain itu dalam dunia Pendidikan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran yag berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dalam kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dalam penelitian ini terdapat beberapa konseptual matematis seperti geometri transformasi, motif yang dimodifikasi dengan applikasi geogebra dan photoshop serta proses pengukuran dan perbandingan dalam proses pembuatan batik. Dengan adanya penelitian ini siswa dapat lebih mudah memahami konseptual matematis yang terdapat pada batik, khususnya bagi masyarakat batik tidak hanya memiliki keindahan estetika namun terdapat konseptual matematis yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriyanti, Ice, Wardono, and Kartono. 2018. “Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1:608–17.
Alghofari, Ahmad Kholid, Siti Nandiroh, and Indigofera Kusuma Wardani. 2016. “Profil Industri Kreatif Batik Bidang Fashion Dan Identifikasi Value Chain Di Kampung Batik Laweyan Surakarta.” Seminar Nasional IENACO 211–18.
Hardiarti, Sylviyani. 2017. “Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi.” Aksioma 8(2):99. doi: 10.26877/aks.v8i2.1707.
Hayati, Tri Rahmah, and Kamid Kamid. 2019. “Analysis of Mathematical Literacy Processes in High School Students.” International Journal of Trends in Mathematics Education Research 2(3):116–19. doi: 10.33122/ijtmer.v2i3.70.
Kusumawardani, Dyah Retno, Wardono, and Kartono. 2018. “Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1):588–95.
Miftahul, Aisha, Janah Dan, and Iyus Kusnaedi. 2022. “KAJIAN PENERAPAN RAGAM HIAS BATIK.” 1(2):51–58.
Olenggius Jiran Dores, Dwi Cahyadi Wibowo, Susi Susanti. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.” J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):242–54. doi: 10.31932/j-pimat.v2i2.889.
Raco, Jozef. 2018. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya.” doi: 10.31219/osf.io/mfzuj.
Rahmadani, Fegelia. 2019. “Motif Batik Kasih Sayang Ibu Untuk Memaknai Hari Ibu.” IKONIK : Jurnal Seni Dan Desain 1(1):7. doi: 10.51804/ijsd.v1i1.420.
Richardo, Rino. 2017. “Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 7(2):118. doi: 10.21927/literasi.2016.7(2).118-125.
Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81. doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Sholikhah, Amirotun. 2016. “Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 10(2):342–62. doi: 10.24090/komunika.v10i2.953.
Suraji, Maimunah, Sehatta Saragih. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).” Suska Journal of Mathematics Education 3(2):130. doi: 10.24014/sjme.v3i2.3897.
Widada, W., K. U. Z. Nugroho, W. P. Sari, and G. A. Pambudi. 2019. “The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Ethnomathematics.” Journal of Physics: Conference Series 1318(1). doi: 10.1088/1742-6596/1318/1/012073.
Windiani. 2016. “Menggunakan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial.” Dimensi Jurnal Sosiologi 9(2):87–92.
Yuni Astuti, Vera, Mila Yaelasri, Nawiroh Vera, Diterima Tgl, Mei Direvisi tgl, and Mei Disetujui tgl. 2022. “Studi Etnografi Warga Bogor Di Tengah Pandemi Coronavirus Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H Ethnography Study of Bogor Citizens in the Central of Pandemi Coronavirus on the Idul Fitri 1441 H.” Jurnal Komunikasi Dan Budaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6171
Refbacks
- There are currently no refbacks.