PENGEMBANGAN DIGITAL WORKSHEET PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan berpikir matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh siswa termasuk pada materi transformasi geometri. Salah satu cara untuk melatih kemampuan berpikir matematis siswa adalah dengan menggunakan digital worksheet. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digital worksheet pada materi transformasi geometri yang valid dan praktis dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Uji coba dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket kepraktisan dan soal tes kemampuan berpikir matematis. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data validasi ahli menunjukkan bahwa digital worksheet pada materi transformasi geometri memperoleh skor rata-rata sebesar 4.34 dan termasuk pada kriteria Sangat Valid. Digital worksheet pada materi transformasi geometri ini juga terkategori Praktis dengan rata-rata persentase sebesar 83%. Selain itu berdasarkan hasil tes, sebagian besar kemampuan berpikir matematis siswa berada pada kategori Baik setelah mengikuti pembelajran menggunakan digital worksheet. Oleh karena itu, digital worksheet yang dihasilkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir matematis siswa sehingga direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran.
The ability to think mathematically is needed by student, including in geometry transformation. The use of digital worksheet can be one of the solutions for training student’s mathematical thinking ability. This study aimed to develop a valid and practical digital worksheet on geometry transformation that potentially affected students’ mathematical thinking abilities. This development research was using ADDIE models which consists of five stages, namely analyze, design, development, implementation and evaluation. The subjects were eleventh grade students of SMA Srijaya Negara Palembang. The instruments used were validation sheet, questionnaire and mathematical thinking test questions. The data were analyzed desctiptively. The expert validity of this digital worksheet on geometry tranformation revealed a score of 4.34 and was considered Very Valid. This digital worksheet also categorized as Practical with an average percentage of 83%. Futhermore, test result showed that students’ mathematical thinking test were mostly Good. Based on result obtained, digital worksheet potentially affected students’ mathematical thinking so that its use is highly recommended.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abd, M., Hamza, A., & Asswih, I. R. (2018). The Impact of Sensory Activities Program on Improving Mathematical Thinking Skills among Children in Kindergartens in Amman. 9(26), 18–33.
Ada, T., & Kurtuluş, A. (2010). Students’ Misconceptions and Errors in Transformation Geometry. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 41(7), 901–909.
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117–129.
Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3(1), 74–79.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.
Delima, N., Rahmah, M.A., & Akbar, A. (2018). The Analysis of Students' Mathematical Thinking based on Their Mathematics Self-Concept. Journal of Physics: Conference Sries, 1108(012104).
Farman, F., & Chairuddin, C. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872.
Hermiati, K., Suprihatiningsih, S., & Annurwanda, P. (2021). Visual Thinking Ability of Mathematics Education Students on Geometry Transformation Learning Material. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(2), 84.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.
Indriani, K. W. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar melalui Model Pembelajaran Proyek Terintegrasi STEM. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 51–62.
Kemendikbud. (2017). Matematika Kelas XI Edisi Revisi 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30.
Layyina, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian pada Model 4K dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 704–713.
Martin, G. E. (1982). Undergraduate Texts in Mathematics. Springer.
Noto, M. S., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2019). Analysis of Learning Obstacles on Transformation Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1157(042100), 1–5.
Patmawati, H., Ratnaningsih, N., & Hermanto, R. (2019). Analysis of Mathematical Thinking Skills and Self-Regulated Learning in Capita Select Mathematics. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(1), 223–229.
Rusdin. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Sorong. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11(2), 283–296.
Salsabila, U. H., Rahmawati, R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137.
Sari, W., Nasriadi, A., & Salmina, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Menyelesaikan Soal Ujian Akhir Semester (UAS) pada Tahun Ajaran 2020 di SMAN 1 Teluk dalam Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1), 1–15.
Setiyani, S. (2020). Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 1–12.
Stacey, K. (2006). What is Mathematical Thinking and Why is it Important? In Research in Mathematics Education.
Suharnita, E., Armis, & Anggraini, R. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbantuan Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 3(1), 11–26.
Tobing, H. E. L., Somakim, S., & Susanti, E. (2021). Development of E-Module Based on HOTS Questions on Distance Material for High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 1–14.
Tohir, M., Maswar., Atikurrahman, M., Saiful, Pradita, D.A.R. (2020). Prospective Teachers' Expectations of Students' Mathematical Thinking Processes in Solving Problems. European Journal of Educational Research, 9(4), 1735-1748.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2021). Hubungan Keterampilan Proses Berpikir Matematis dengan Hasil Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 262–272.
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 012052.
Wijayanti, A., & Ernawati, T. (2020). Development of Digital Worksheet Based on Ngerti, Ngrasa, Nglakoni to Improve College Student Lifeskill. Unnes Science Education Journal, 9(1), 1–6.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6160
Refbacks
- There are currently no refbacks.