PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Jemakmun Jemakmun(1*),

(1) Universitas Bina Darma
(*) Corresponding Author


Abstract


 

Pembelajaran Matematika pada umumnya masih dilaksanakan secara konvensional, ini mengakibatkan adannya perbedaan hasil belajar antara siswa dalam belajar matematika. Selanjutnya harus ada metode pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran matematika khususnya, yang berhubungan dengan perkembangan internet, misalnya online learning dan blended learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran blended learning, dengan penilaian formatif dan sumatif ditinjau dari kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA di kota Palembang. Model Pembelajaran Blended Learning, Jenis penilaian mencakup formatif dan sumatif, kemampuan awal matematika mencakup tinggi dan rendah.  Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, sedangkan desain yang digunakan treatment by level 2x2x2. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan pada model pembelajaran blended learning dengan penilaian formatif dan sumatif ditinjau dari kemampuan awal matematika yang tinggi maupun rendah  terhadap hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya; (1) Model blended learning  dengan penilaian formatif, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kemampuan awal matematika tinggi maupun rendah, (2) Model blended learning dengan penilaian sumatif, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kemampuan awal matematika tinggi. Diharapkan Pembelajaran blended learning diterapkan pada siswa kelas dengan kemampuan awal matematika yang tinggi atau diatas rata-rata.

Mathematics learning in general is still carried out conventionally, this results in differences in learning outcomes between students learning mathematics. Furthermore, there must be learning methods that are suitable for learning mathematics, especially those related to the development of the internet, for example, online learning and blended learning. The purpose of this study was to determine the influence of the blended learning model, with formative and summative assessments in terms of early mathematical abilities on mathematics learning outcomes for high school students in the city of Palembang. Blended Learning Learning Model, Types of assessment include formative and summative, early math skills include high and low. The method used is quasi-experimental, while the design used is treatment by level 2x2x2. The results of the study showed that there was a significant increase in the blended learning model with formative and summative assessments in terms of high and low initial math skills on students' mathematics learning outcomes. Next; (1) The blended learning model with formative assessment can improve students' mathematics learning outcomes at high and low initial math abilities, (2) The blended learning model with summative assessment can improve students' mathematics learning outcomes at high early math abilities. It is expected that blended learning will be applied to class students with high or above-average initial mathematical abilities.


Keywords


Blended learning, Formatif, Hasil belajar matematika, Kemampuan awal matematika, Sumatif.

References


A’yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420

AJIATMOJO, A. S. (2021). Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.525

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Hasbullah, H. (2014). Pengaruh Komunikasi Keluarga dan Kemampuan Awal IPA Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Formatif, 2(1), 45–57. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/81/80%0A

Hussein, H. B. (2011). Attitudes of Saudi universities faculty members towards using learning management system (JUSUR). Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2), 43–53.

Kadir. (2015). Statistik Terapan (Pertama). Rajawali Pers.

Kaye, T. (2013). Blended learning how to integrate daring and traditional learning. In United States: Kogan Page. Kagen Page.

Lee, C. H., Yeh, D., Kung, R. J., & Hsu, C. S. (2007). The influences of learning portfolios and attitudes on learning effects in blended e-learning for mathematics. Journal of Educational Computing Research, 37(4), 331–350. https://doi.org/10.2190/EC.37.4.a

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Magdalena, I., Oktavia, D., & Nurjamilah, D. P. (2021). Analisis Evaluasi Sumatif Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Vi Sdn Batujaya Di Era Pandemi Covid-19. ARZUSIN : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar, 1(1), 137–150. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070

OECD-PISA. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do Student Performance In mathematics, Reading and Science. In PISA for Development Brief-OECD: Vol. I (Issue February 2014). httpV/wwwoecd-ilibrary.org/docserver/download/981 4031 e.pdf?expires =145948 0187 & id-id&accname=quest&checksum =CC0E659496365E0E15A45AB AF3B2EB5

Razak, F. (2018). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.299

Salim, A., & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Penelitain Tindakan Dan Pendidikan, 6(2), 71–78. https://rumahjurnal.net/ptp/article/download/886/561

Saragih, E. M., & Anim, A. (2018). Interaksi Antara Model Pembelajaran Dengan Kemampuan Awal Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 83–88. https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.382

Sunandar. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Kalkulus 1 Melalui Umpan Balik Tes Formatif dengan Pembelajaran Remedial. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 199–200.

Tang, Y. (2013). Asase Study of Formatif Assessment in a Chinese High School. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 2, 216–225. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJAL/article/view/ 166/116

Vol, J. I. K. A., Ika, J., Alumni, I., & Unars, P. (2020). 3) 1,2,3. 8(2), 315–326.

Yilmaz, M. B., & Orhan, F. (2010). Pre-service English teachers in blended learning environment in respect to their learning approaches. Turkish Online Journal of Educational Technology, 9(1), 157–164.

Zulkarnain, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 88–94. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.