MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

Zahroh Nur Alifah(1*), Nida Sri Utami(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Proses pembelajaran matematika seringkali dianggap sebagai pembelajaran yang sulit dan kurang menarik. Penggunaan media pembelajaran juga belum optimal, khususnya di bidang teknologi. Selain itu, guru belummmenggunakannmediaapembelajaran yang inovatif, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban pada materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evolution). Hasil penelitian ini adalah 1) Spesifikasi produk yang dikembangkan berupa video mengenai materi Teorema Pythagoras yang didesain menarik melalui aplikasi Sparkol Videoscribe, agar penyampaian materi menjadi lebih baik. 2) Kelayakan media diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 90%, ahli.,media sebesarr87,5% dan ahlippembelajaran sebesar 92,5%. 3) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan data berdistribusi normal. Dilanjutkan uji-t independent sample, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media dan yang tidak. Kemampuan belajar siswa telah mencapai 80% yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Angket siswa memperoleh rata-rata sebesar 83,25% menunjukkan hasil yang positif. Sehingga media pembelajaran matematika berbasis Videoscribe layak, efisien, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

The process of learning mathematics is often regarded as learning that is difficult and less interesting. The use of learning media is not optimal, especially in the field of technology. In addition, teachers have not used innovative learning media, which has an impact on low student learning outcomes. The purpose of this study was to develop videoscribe-based mathematics learning media to improve the learning outcomes of Class VIII students of SMP Negeri 1 Mojolaban on the Pythagorean Theorem material. This type of research is Research and Development with the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evolution). The results of this study are 1) Product specifications developed in the form of a video about the Pythagorean Theorem which is designed to be attractive through the Sparkol Videoscribe application, so that the delivery of the material is better. 2) The feasibility of the media is obtained from the validation of material experts by 90%, media experts by 87.5% and learning experts by 92.5%. 3) The average learning outcomes of the experimental class are higher than the control class. The Kolmogorov-Smirnov test for normality for the experimental class and the control class showed that the data were normally distributed. Followed by independent sample t-test, showing that there are differences in learning outcomes between students who use media and those who do not. Student learning ability has reached 80% which shows that student learning outcomes have increased. Student questionnaires obtained an average of 83.25% showing positive results. So that Videoscribe-based mathematics learning media is feasible, efficient, and effective in improving student learning outcomes.


Keywords


Learning outcomes; Mathematics; Learning Media; Videoscribe

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Helma, H., & Edizon, E. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait Dan Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 86. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/39

Hidayat, M., Syahputra, E., & Napitupulu, E. E. (2019). The Development of Learning Media Based on Problem by Using Rubu’ Al-Mujayyab Media. Education Quarterly Reviews, 2(1), 198–209. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.01.53

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.34125/kp.v3i2.264

Jumiati, S., Yahfizham, & Siregar, T. J. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 384–393. https://doi.org/https://doi.org/10.1089/relevan.v2i4

Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., & Ishartono, N. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832

Manzilina, F., Listiawati, E., & Wijayanti, R. (2020). Pengembangan Media Videoscribe Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 185–199. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6624

Maulina, U., Hikmah, S., & Pahamzah, J. (2019). Attractive Learning Media to Cope with Students’ Speaking Skills in the Industry 4.0 Using Sparkol Videoscribe. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 2(5), 132–140. https://doi.org/10.32996/ijllt.2019.2.5.15

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415–426. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426

Nurhikmayati, I., & Kania, N. (2022). Scientific Based Sparkol Videoscribe Media: Mathematics Learning Media Innovation During The Pandemic Covid 19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 355. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4602

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127–135. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Purbawati, C., Rahmawati, L. E., Hidayah, L. N., & Wardani, L. S. P. (2020). Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 102–108. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4919

Rahayu, M., & Masniladevi, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe terhadap Komunikasi Matematis Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN 04 Pasar Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3387–3394.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.702

Rosyita, M., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Materi Peluang Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3136–3147. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.954

Sari, C. K., Utami, N. S., Nurcahyo, A., Waluyo, M., Rejeki, S., & Perwita, W. G. R. (2022). Penguatan Keterampilan Guru dalam Pemanfaatan GeoGebra sebagai Media Pembelajaran Program Linear. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 147–155. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i2.1782

Sutama, S., & Mayasri, A. (2016). Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Group Investigation Ditinjau dari Keaktifan Siswa SMP. Jurnal VARIDIKA, 28(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i1.2393

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.

Widodo, S., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1165728.pdf

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.