PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BILINGUAL BERBASIS MATHEMATICAL LITERACY DENGAN KONTEKS TEKNIK MESIN UNTUK MAHASISWA POLITEKNIK
(1) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(2) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(3) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(*) Corresponding Author
Abstract
Mathematical literacy merupakan salah satu kemampuan yang muncul dari aktivitas pemecahan masalah matematika seseorang. Dalam kegiatan peningkatan mathematical literacy diperlukan adanya instrumen khusus yang dapat mengeksplor aktivitas mahasiswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika untuk memecahkan permasalahan dalam konteks di kehidupan sehari-hari. Kurang tersedianya instrumen tes yang mampu mendukung peningkatan mathematical literacy mahasiswa menjadi salah satu penyebab rendahnya pencapaian keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa politeknik. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sumber belajar melalui pengembangan soal-soal matematika bilingual (dua bahasa) berbasis mathematical literacy dengan konteks teknik mesin untuk mahasiswa vokasi di abad 21 yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial. Penelitian pengembangan soal ini merupakan penelitian design research tipe development study dengan tahapan preliminary dan formative evaluation. Secara rinci, tahap formative evaluation dibagi lagi menjadi self evaluation, prototyping, dan field test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa seperangkat soal matematika bilingual (dua bahasa) berbasis mathematical literacy dengan konteks teknik mesin untuk mahasiswa politeknik dengan memiliki kriteria valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Soal yang dikembangkan sebanyak 23 butir soal yang dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator dari aspek konten, konstruk, dan bahasa, kemudian memiliki kriteria praktis berdasarkan uji coba small group dan butir soal tersebut mempunyai efek potensial yang ditinjau dari analisis hasil jawaban siswa dan angket pada saat field test
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrianti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. Seminar Nasional matematika Universitas Negeri Semarang (hal. 608-617). Semarang: PRISMA.
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 1-12.
Charmila, N., Zulkardi, & Darmowijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 198-207.
Depdiknas. (2008). Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas).
Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (OMI) Tingkat SMP Tahun 2018 . Transformasi - Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 15-26.
Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah. (2022). Pengembangan Soal Literasi Matematika Terintegrasi Islam untuk Siswa Madrasah. Aksioma, 1355-1371.
Kadir, K., & Masi, L. (2013). Penggunaan Konteks dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Proceeding KNPM V Malang (hal. 786 - 796). Malang: Universitas Negeri malang.
Kaunang, D. F., Mantiri, J., & Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa untuk Siswa SMP. Frontiers : Jurnal Sains dan Teknologi, 223 - 230.
OECD. (2018). PIA 2022 Mathematics Framework. Paris: OECD.
Putra, R. A., & Manoy, J. T. (2018). Pengembangan Soal berbasis Literasi Matematika dengan menggunakan Konteks Jawa Timur. MATHEdunesa, 150-159.
Putra, Y. Y., & vebrian, R. (2019). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model PISA menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: Deepublish.
Rifandi, A. (2013). Mutu Pembelajaran dan Kompetensi Lulusan Diploma III Polteknik. Cakrawala Pendidikan, 125-138.
Sari, R. H. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (hal. 713-720). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Saukiyah, S., Sunardi, & Trapsilasiwi, D. (2017). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Budaya Etnik Madura untuk Siswa SMP/ MTs. KADIKMA : Jurnal matematika dan Pendidikan Matematika, 166 - 175.
Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on ProblemBased Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. IEFME : International Electronic Journal of Mathematics Education, 331-340.
Suherman, E. (2001). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zulkardi, Z. (2002). Developing a Learning of Realistic Mathematics Education for Indonesian Students Teachers. Netherland: University of Twente.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6136
Refbacks
- There are currently no refbacks.