PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA SMP
(1) Universitas Negri Yogyakarta
(2) Universitas Negri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang esensial dan perlu dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, namun kenyataan di lapangan kemampuan tersebut masih tergolong rendah dan belum optimal. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang bisa memfasilitasi kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis pengaruh pembelajaran matematika menggunakan model discovery learning terhadap hasil belajar (ketercapaian kompetensi dasar), 2) menganalisis pengaruh pembelajaran matematika menggunakan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Tangerang Selatan sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang meliputi: 1) tes ketercapaian kompetensi dasar, 2) tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa:1) pembelajaran matematika menggunaka discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari kompetensi dasarnya; 2) pembelajaran menggunakan model discovery learning dapat mendukung kemampuan berpikir kritis dan komunikasi.
The ability to think critically and communicate mathematically is an essential ability and needs to be possessed by students in learning mathematics, but the reality on the ground is that this ability is still relatively low and not optimal. For this reason, a learning model is needed that can facilitate students' critical thinking skills and mathematical communication. The aims of this study were to 1) analyze the effect of learning mathematics using the discovery learning model on learning outcomes (achievement of basic competencies), 2) analyze the effect of learning mathematics using the discovery learning model on students' critical thinking skills and mathematical communication. This type of research is quasi-experimental research with a quantitative approach. The subjects of this study were 24 students of SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Data collection techniques in this study used tests which included: 1) basic competency achievement tests, 2) critical thinking and communication skills tests. The data analysis technique in this study was hypothesis testing using paired sample t-tests. The results of this study show that: 1) learning mathematics using discovery learning can improve student learning outcomes in terms of basic competence; 2) learning that uses the discovery learning model can support critical thinking and communication skills.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agoestanto, A., Rochmad, & Sukestiyarno , Y. (2017). Analysis of Mathematics Critical Thinking Students in Junior High School Based on Cognitive Style. The 3rd International Conference on Mathematics, Science and Education 2016 (pp. 1-6). Semarang: Journal of Physics: Conference Series.
Alfieri, L., Brooks, P. J., & Aldrich, N. J. (2011). Does Discovery-Based Instruction Enhance Learning? Journal of Educational Psychology, 103(1), 1-18.http://dx.doi.org/10.1037/a0021017.supp.
Fahmi, A. N., Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (6),705 – 716.
Fitriyah, Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9 (2) , 108-112.http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 153-164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033.
Heryani, Y., & Setialesmana, D. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43-52.
Hidayati, R. (2017). Keefektifan setting TPS dalam pendekatan discovery learning dan problem-based learning pada pembelajaran materi lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 78–86. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.9451.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E., & Hasratuddin , H. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, 5(1), 157-169. https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4786.
Kumalaretna, W. N., & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Journal Of Mathematics Education Research, 6 (2),195 - 205.
Kurniati, I. W., Pujiastuti, E., & Kurniasih, A. W. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Kreano, Jurnal Pendidikan Matematika Kreatif Inovatif, 8(2), 109–118. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5060.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Naibaho, A. J., Susanta, A., & Hanifah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar SiswaPada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP NEGERI 12 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4 (2), 238 – 246.
Niswah, A. F., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Quantum Teaching pada Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4 (pp. 49-58). Semarang: Universitas Negri Semarang.
Pertiwi, I. S., Marpaung, R., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah , 98-106.
Pratiwi, D. D., Sujadi, I., & Pangadi . (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan MasalahMatematika Sesuai Gaya Kognitif Pada Siswa Kelas IX SMP NEGERI 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(5), 525-538.
Pratiwi, F. A., Hairida, & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7), 1-16. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6488.
Rahman, M. H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2), 98-103. DOI:10.23918/ijsses.v4i2sip98.
Setyaningrum, D. H., Purnomo, D., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning dan Think Pair Share Berbantu Smart Sticker terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 348–356. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4864.
Sumardyono , S., Nanang, P., & Anggraena, Y. (2016). Guru pembelajar modul matematika SMP: Kelompok kompetensi C pedagogik model pembelajaran matematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6129
Refbacks
- There are currently no refbacks.