ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL

Indah Laila Wuryanti(1*), Sutama Sutama(2),

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesalahan konsep siswa ketika mengerjakan soal matematika khususnya pada soal PTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Wonorejo 1 Kalijambe, Sragen. Penelitian fokus dilakukan pada siswa  kelas IV dengan mengambil subjek sebanyak 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, dokumen, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan subjek yaitu reduksi, menyajikan data dan hasil analisis, dan mengambil kesimpulan. Dasar analisis yang digunakan adalah indikator yang dari peneliti terdahulu yang sudah ditentukan sebelum melakukan penelitian. Kesalahan konsep yang ditemukan yaitu 1). Tidak mampu menguasai konsep materi; 2). Tidak mampu menyajikan alternatif solusi pada masalah baru; 3). Tidak mampu menyajikan konsep pada represntasi baru; 4)Tidak mampu mengklasifikasikan objek-objek sesuai konsep yang sudah dipelajari; dan  5). Tidak mampu menemukan dan menuliskan rumus secara algoritma. Faktor penyebab adanya kesalahan konsep tersebut antara lain: 1). Rendahnya kemampuan konsep matematika; 2). Adanya miskonsepsi dalam materi; 3). Siswa hanya menghafalkan konsep, tidak memhami, 4). Siswa mengalami kebingungan dalam memahami soal; 5). Kurangnya latihan soal dengan berbagai mcam masalah

Abstract

This study aims to explore students' conceptual errors in working on math problems, especially on PTS questions. This type of research is descriptive qualitative research. The research was conducted at SDN Wonorejo 1 Kalijambe, Sragen. Focus research was conducted on fourth grade students by taking 15 students as subjects. Data collection techniques used are tests, documents, and documentation studies. Data analysis is used to find out the errors made by the subject, namely reduction, presenting data and analysis results, and drawing conclusions. The basis of the analysis used is the indicators from previous researchers that have been determined before conducting the research. Concept errors found are 1). Unable to master the concept of material; 2). Unable to present alternative solutions to new problems; 3). Unable to present concepts to new representations; 4) Unable to classify objects according to the concepts that have been studied; and 5). Unable to find and write formulas algorithmically. Factors causing the error include: 1). The low ability of mathematical concepts; 2). There are misconceptions in the material; 3). Students only memorize concepts, do not understand, 4). Students experience confusion in understanding the questions; 5). Lack of practice questions with various problems


Keywords


Kesalahan Konsep; Matematika; Siswa

References


Agnesti, Y., Amelia, R., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., Fitriani, N., Selvia, M., Devi, A., Amir, M. F., Veloo, A., Krishnasamy, H. N., Shahida, W., Abdullah, W., Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn Pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760

Amalia, I., Hartatik, S., Ghufron, S., & Rulyansah, A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2493–2499.

Amir, A., & Si, M. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif Oleh: Almira Amir, M.Si 1. Forum Pedagogik, 4(1), 72–89.

Asnath Fransina Tonda, Vivi Suwanti, T. R. M. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24.

Elis Ratna Wulan, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran.

Fadhilah, R. N., Sary, R. M., & Wakhyudin, H. (2019). Miskonsepsi Siswa pada Materi Hubungan Antar Garis di Kelas IV Sekolah Dasar. Sendika, 2, 315–322.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Halimatus’sya’diyyah, R. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sindangkerta dalam Mengerjakan Soal Segitiga dan Segiempat. 05(03), 2783–2792.

Hidayat, B. R., Sugiarto, B., & Pramesti, G. (2013). Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa ( Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2011 / 2012 ). Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 39–46.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Prastiwi, A. A., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2022). Learning Obstacles Materi Hubungan Antar Garis Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Info Artikel Abstrak. Jurnal ElementaryKajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasa, 5(2), 144–152. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

Rahayu, T. D., Purnomo, B. H., & Sukidin, S. (2014). Analisis tingkat kesukaran dan daya beda pada soal ujian tengah semester ganjil bentuk pilihan ganda mata pPelajaran ekonomi kelas X di sma negeri 5 jember tahun ajaran 2012-2013. Edukasi, 1(1), 39–43. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1032/829

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahman, A. A., & Nasyrah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495

Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Cendikia: JPM, 04(01), 172–182.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn Pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 106–113.

Wulansari, W., & Kumaidi, K. (2016). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(1), 97–105.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.