PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Sherlia Agustiani(1*), Jailani Jailani(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Masalah pada penelitian ini masih terdapat kecenderungan siswa yang terfokus pada contoh soal, siswa bingung ketika diberikan soal dengan bentuk dan konsep yang berbeda , mengakibatkan siswa kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya. Untuk itu dengan diterapkannnya pendekatan  contextual teaching and learning diharapkan dapat memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan komunikasi dan kberpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan contextual teaching and learning  terhadap hasil belajar , kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa pendekatan contextual teaching and learning memberikan peningkatan pada hasil belajar, kemampuan komunikasi serta kemampuan berpikir kritis siswa, berdasarkan dari hasil uji data nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bahwa pendekatan contextual teaching and learning berpengaruh pada hasil belajar siswa, kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


critical thinking; communication; contextual teaching and learning approach

References


Ahdhianto, E., Marsigit, Haryanto, & Santi, N. N. (2020). The effect of metacognitive-based contextual learning model on fifth-grade students’ problem-solving and mathematical communication skills. European Journal of Educational Research, 9(2), 753–764. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.753

Hardiyanto, W., & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas PBL setting TTW dan TPS ditinjau dari prestasi belajar , berpikir kritis dan self-efficacy siswa The effectiveness of PBL Setting TTW and TPS seen from students learning achievement , critical thinking and self-efficacy, 5(1), 116–126.

Istikomah, D. A. (2014). Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif di SMP N 2 Sedayu Yogyakarta. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 3(2), 65–76. https://doi.org/10.24127/ajpm.v3i2.333

Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, dan M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis (MeA). Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 5(November), 2086–2334.

Kivunja, C. (2015). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21 st Century Skills : Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1

Kusumah, Y. S. (2020). The Effect of GeoGebra in Three-Dimensional Geometry Learning on Students ’ Mathematical Communication Ability, 13(2), 895–908.

Munir, M., & Nur, R. H. (2018). The development of english learning model based on contextual teaching and learning (Ctl) in junior high schools. International Journal of Language Education, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.26858/ijole.v2i1.4326

Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470

Nugraha, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Humanistik untuk Menumbuhkan Berpikir Kritis Siswa pada Materi …. Metatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1–9. Diambil dari http://journal.stkipyasika.ac.id/metatika/article/view/4

Orçan Kaçan, M., Ata, S., Kimzan, İ., & Nişan, M. (2020). Investigation of the Relationship Between Preschool Teachers’ Perceptions of Efficacy in Mathematics Education and Their Attitudes Towards Mathematics Education. International Journal of Progressive Education, 16(3), 240–252. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.248.18

Pangemanan, A. (2020). Application of Contextual Teaching and Learning Approach on Statistics Material Against Student Results, 13(4), 1–7. https://doi.org/10.5539/ies.v13n4p1

Putri, H. E. (2017). Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kemampuan -kemampuan Matematis, dan Rancangan Pembelajarannya (p. 9). UPI Sumedang Press.

Rahmawati, T. D., Amaranta, M., & Getan, D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA, 5.

Ratnasari, S. F., & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. MaPan, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11

Trianingsih. R. (2018). Aplikasi Pembelajaran Kontekstual yang Sesuai Perkembangan Anak Usia

Sabroni, D., & Lampung, U. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI, 55–68.

Samsuriadi, S., & Imron, M. A. (2019). The Effect of Think Pair Share (TPS) Learning Model With Problem Solving Approach on the Student’s Math Communication in MA DA Jarowaru ". Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(1), 9–12. https://doi.org/10.29103/mjml.v2i1.2125

Setiana, D. S., Purwoko, R. Y., & Sugiman. (2021). The application of mathematics learning model to stimulate mathematical critical thinking skills of senior high school students. European Journal of Educational Research, 10(1), 509–523. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.509

Sudarman, Djuniadi, & Sutopo, Y. (2017). The Formation of Conservation-Based Behaviour of Mechanical Engineering Students through Contextual Learning Approach. International Journal of Environmental and Science Education, 12(4), 617–627.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan Kontekstual dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, 3(1), 66–79.

Wahyuni, T., Suwandi, S., & Slamet, S. Y. (2015). The Implementation of Contextual Approach in Solving Problems Understanding Syntax : Sentence Indonesian at universities in Surakarta , Indonesia. Journal of Education and Practice, 6(30), 188–201.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.