PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOBELA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Puji Sri Lestari(1*), Ratnasari Diah Utami(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Siswa kelas 3 sekolah dasar membutuhkan sebuah media pembelajaran konkret dalam proses pembelajaran matematika. Kobela singkatan dari kotak belajar ajaib, merupakan media pembelajaran berbentuk kotak dengan penyajian yang menarik. Penelitian memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kobela pada muatan matematika kelas 3 sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau R & D. Model pengembangan dalam penelitian ini ialah model ADDIE dengan langkah-langkah yang meliputi tahap analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian dilaksanakan di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, dengan subjek penelitian 22 orang siswa kelas 3. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta angket validitas ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Rata-rata hasil validasi ahli materi sebesar 80% dengan kualifikasi media kobela layak digunakan, dan rata-rata hasil angket validasi ahli media sebesar 83,7% dengan kualifikasi media kobela sangat layak digunakan. Sedangkan hasil validasi respon peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 91,2% dengan kualifikasi media kobela sangat praktis. Sehingga dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media kobela praktis dan layak digunakan pada proses pembelajaran.


Keywords


kobela media; R & D; primary school

References


Agung, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v12i1.5831

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anugrahini. (2017). Pengembangan Game Bubble Match sebagai Media Pembelajaran Pembagian dalam Bentuk Pengurangan Berulang. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3975

Dahlan, A. H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Ketertarikan Belajar Matematika. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp8-14

Dyani, A. G. (2019). Pengembangan Media Kotak Belajar Ajaib (KOBELA) pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Tesis. Riau: UIN Suska Riau.

Eliza, R. (2016). Media Pembelajaran sebagai Sarana Komunikasi Matematika di Sekolah Dasar. Ta’dib, 13(2), 156. https://doi.org/10.31958/jt.v13i2.186

Harnanto, S. (2016). Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Unissula, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.30659/pendas.3.1.33-42

Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cognitive Load Theory (CTL) Pada Materi Volume Kubus Dan Balok di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 314. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1521

Lestari, P., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kobela Tema Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 527. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29723

McGriff, S. J. (2000). Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. Dermatology in a Week. https://doi.org/10.5005/jp/books/10200_4

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Puji Astuti, D. (2020). Analisis Persiapan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i2.3676

Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145

Sudijono, A. (2012). Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 199–200. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.