PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DENGAN PENDEKATAN RME DIKELAS II

Viscal Oktari(1*), Rahayu Condro Murti(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Komik merupakan media visual yang dapat menarik perhatian siswa. Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran kongkret sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap hasil belajar siswa materi perkalian dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan RME dengan jenis Pre-eksperiment dan bentuk desainnya pretest-posttest one group design. Sampel penelitian ini berjumlah 21 siswa dari 30 siswa yang ada dikelas dengan teknik pengambilan sampel bertujuan. Pengujian normalitas pretest dan post test didapatkan hasil 0,084 dan 0,114 > α (0,05), maka data berdistribusi normal. Hasil uji T menggunakan uji sampel berpasangan dan diperoleh nilai signifikansi 0,00 > α (0,05), maka Ha diterima dan H0 diotlak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media komik dengan menggunakan pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa materi perkalian.


Keywords


Hasil Belajar; Komik; Pengaruh; Perkalian; Realistic Mathematics Education

References


DAFTAR PUSTAKA

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39

Ardiyani, S. M., Gunarhadi, & R. (2018). Realistic Mathematics Education In Cooperative Learning Viewed From Learning Activity. Journal on Mathematics Education, 9(2), 301–310.

Arulan, B. D. (2013). Media komik matematika dalam meningkatkan pemahaman materi perkalian pada siswa kelas 3 MI Nurul Huda Malang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Azis, Z., Panggabean, S., Sumardi, H., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Matematika, P. P., Bengkulu, U., Education, R. M., Matematika, H. B., & Pendahuluan, I. (2021). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 1 Pahae Jae. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6751

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “SCRIBER” untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 275. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3005

Firmansyah, D., Fidriansyah, K., & Ruli, R. M. (2019). Meta Analisis : Media Pembelajaran Komik Matematika dengan Pendekatan Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 1127–1134.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. Prenada Media Group.

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif Melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Mahmudah, A. A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Board pada Materi Operasi Hitung Perkalian untuk Siswa Kelas III SD Annur Tumpang Malang. Universitas Islam Negeri Malang.

Mariamah. (2017). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Penguasaan Materi Siswa SMP Negeri 8 Kota Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 138–145.

Mashuri, S., Jahring, & N. (2020). Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24%0A127/ajpm.v9i4.2979%0D

Nurrisma, N., Munadi, R., Syahrial, S., & Meutia, E. D. (2021). Perancangan Augmented Reality dengan Metode Marker Card Detection dalam Pengenalan Karakter Korea. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(1), 34. https://doi.org/10.30872/jim.v16i1.5152

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., F., & Yanti, Simarmata, J., Chamidah, D., Purba, D. S., & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Reka Karya Amerta (Rakarta).

Rahmawati, A., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ISPRING PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA ke-21 dalam kegiatan pembelajaran . Keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan ( collaboration ), ( creativity ) atau biasa disebut dengan 4C . Salah satu ke. c, 304–318.

Sari, F. N. I., Darma, Y., & Dafrita, I. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Integrasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1026

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 57–64. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849

Yudha, R. P. (2018). (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.