PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Peserta didik pada era abad ini yaitu abad 21 memerlukan kemampuan yang mumpuni karena masuk pada era globalisasi. Salah satu kemampuan yang diusung pada kegiatan belajar mengajar Kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari studi ini untuk mengetahui ada pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematika materi bangun ruang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif jenis penelitian Pre-Test dan Post-Test. menggunakan soal pilihan ganda 10 butir berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda 10 butir berpikir kritis. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 22 siswa. Analisis Data menggunakan Uji paired sample t-test. Berdasarkan perhitungan hipotesis tingkat signifikan α = 0,05 dengan Hasil Uji Validitas menunjukkan hasil = 0,845>𝛼 (0,05) sehingga semua item soal menunjukkan hasil valid . Uji realibilitas jika nilai 𝛼 > 0.757 nilainya bersifat reliabel yaitu 0,757, dari hasil uji validitas dan realibilitas semua variabel bersifat realiabel/konsisten dikarenakan semua item masing-masing variabel valid. Hasil dari uji normalitas nilai hasil belajar 0,249 >𝛼 (0,05) melebihi nilai signifikan , maka nilai variabel berdistribusi normal , dilanjutkan menggunakan uji-t satu sampel , hasil uji-t tersebut hasil belajar pada nilai statistik-t sebesar 0.759> 𝛼 (0,05) maka tolak H0. Jadi dapat disimpulkan mengetahui ada pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematika kelas V pada materi bangun ruang.
Kata kunci: Bangun ruang, Berpikir kritis, Lkpd
Abstract
Students in the era of the 21st century are currently faced with the era of globalization that requires adequate abilities. Critical thinking skills have been used in 2013 Curriculum learning activities. This study aims to determine the effect of problem solving-based students' work on critical thinking in mathematics for class V on the material of building space. The approach used in this research is a quantitative approach of the type of Pre-Test and Post-Test research. using a Likert Scale critical thinking questionnaire. The data collection technique in this study used a critical thinking questionnaire. The sample used in this study amounted to 22 students. Data analysis used one sample t-test. Based on the calculation of the hypothesis that was carried out using the t-test, based on the significance level = 0.05 with the Validity Test Results showing the results r = 0845>α (0.05) so that all items showed valid results. Reliability test if the value > 0.757 the value is reliable, namely 0.757, from the results of the validity and reliability test all variables are reliable/consistent because all items of each variable are valid. The results of the normality test of the value of learning outcomes 0.249 >α (0.05) exceeds the significant value, then the value of the variable is normally distributed, followed by using a one-sample t-test, the results of the t-test learning outcomes at the t-statistical value of 0.759> ( 0.05) then reject H0. So, it can be seen that there is an influence on students based on solving critical thinking problems in mathematics class V on the material of building space
Keywords:, Build Space, Critical thinking, Lkpd
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peseta Didik Pada materi Keseimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 01(2), 90–114.
Ayuni, Q., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 694. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2747
Basri, B., Tayeb, T., Abrar, A. I. P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173–182. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1542
Handaka, B. I., & Safitri, N. E. (2016). Pemanfaatan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Belajar. Seminar Nasional Optimalisasi Active Learning Dan Character Building Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa DiEra Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), 157–164.
Laelasari, I., & Adisendjaja, Y. H. (2018). Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 14. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3879
Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis MatematisSiswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui PembelajaranEksploratif. Jurnal Pendidikan, 7.2(4), 1–11.
Octaria, D., & Sari, E. F. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Problem Based Learning (PBL). Prosiding Dosen Universitas Pgri Palembang, 16, 42–48.
Pauzi, R. Y., & Windiaryani, S. (2021). The critical thinking skills on global warming issue: Effect of the socio-scientific problems approach on problem-solving toward student’s. Biosfer, 14(2), 228–237. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.19963
Prasadi, A. H., Wiyanto, W., & Suharini, E. (2020). The Implementation of Student Worksheet Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Local Wisdom to Improve of Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Primary Education, 9(3), 227–237. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37712
Rahmawati, T., Yuhana, Y., & Anriani, N. (2019). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 80. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12650
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1024
Ruci, G. W., & Purnomo, T. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Problem Solving Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Kelas X SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 65–72. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/32311
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Wijaya, T. T. (2020). The Effect of VBA for Microsoft Excel as Teaching Material to Improve Prospective Elementary School Teachers’ Mathematical Conceptual Understanding. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 251–268. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i2.26494
Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). Profil dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan” berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 403–411. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p403-411
Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP Di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 440–448. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p440-448
Sudrajat, Mahmudi, A., & Setyorini, A. I. (2022). Pengembangan Lkpd Berorientasi HOTS Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Non-Rutin Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3432–3443. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6100
Wasqita, R., Rahardi, R., & Muksar, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1501. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5029
Winarso, W. (2014). Problem Solving, Creativity Dan Decision Making Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.3
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6072
Refbacks
- There are currently no refbacks.