EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PROSES PEMBUATAN KUE TRADISIONAL CANGKUNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA

Andi Asma(1), Kadir Kadir(2*),

(1) IAIN Manado
(2) IAIN Manado
(*) Corresponding Author


Abstract


Etnomatematika merupakan wadah untuk menjembatani matematika dengan konteks budaya lokal. Mengingat karena matematika masih dipandang sebagai mata pelajaran yang bebas budaya dengan peluang membentuk persepsi negatif bagi siswa terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika yang terdapat pada proses pembuatan kue tradisional Cangkuning pada masyarakat Bugis yang melibatkan konsep matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dengan ahli pembuat kue Cangkuning. Teknik analisis data yaitu melaksanakan observasi langsung terhadap proses pembuatan kue Cangkuning kemudian mengkonfirmasi dengan wawancara langsung terhadap aktifitas subjek serta mengadakan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya etnomatematika pada proses pembuatan kue tradisional Cangkuning yakni konsep perbandingan yang ditemukan pada lapisan kue, konsep kesebangunan yang ditemukan pada pembungkus kue dan konsep bangun ruang berupa bola dan limas segiempat yang ditemukan pada bentuk utuh kue Cangkuning. Kue Cangkuning ini berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran matematika kontekstual di sekolah. 


Keywords


Cangkuning; Etnomatematika; Pembelajaran Matematika

References


Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1–6.

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157–168.

Cesaria, A., Fitri, D. Y., & Rahmat, W. (2022). ETHNOMATHEMATIC EXPLORATION BASED ON REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) IN THE TRADITIONAL GAME “LORE.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4958

Fitriatien, S. R. (2016). Pembelajaran berbasis etnomatematika. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Harsa, F. S. (2016). INTEGRASI ICT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Paedagogi, 8(December), 158–162.

Lisnani, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3). Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224–235.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Maulida, S. H. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 561–569.

Mei. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Naibaho, T., Simangunsong, V. H., & Sihombing, S. (2019). EKSPLORASI KUE TRADISIONAL BATAK TOBA TERHADAP KONSEP GEOMETRI. Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education, 5(1), 9–25.

Pathuddin. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10

Pathuddin, H., Kamariah, & Ichsan Nawawi, M. (2021). Buginese ethnomathematics: Barongko cake explorations as mathematics learning resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.12695.295-312

Sabon, Y. O. S., Putro, N. H. P. S., & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Dan Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional Kebetuk. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2079. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3550

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176.

Sudianto, S., & Santoso, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Pembuatan Motif Batik Kabupaten Majalengka. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2949. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.967

Ulya, H., & Rahayu, R. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Field Intermediate Dalam Menyelesaikan Soal Etnomatematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 451–466. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2695

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 471–476.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.