PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU SD/MI

Risma Firda Diana(1*), Lutfiyan Nurdianah(2),

(1) STAI Al Fithrah Surabaya
(2) STAI Al Fithrah Surabaya
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan koneksi matematis sangat dibutuhkan baik dalam pembelajaran matematika, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Realitanya kemampuan koneksi matematis siswa tingkat Sekolah Dasar di Indonesia dalam menyelesaikan masalah matematika masih tergolong rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya pembekalan bagi calon guru SD/MI agar terlatih dalam menerapkan koneksi matematis yang nantinya akan berdampak pada peningkatan koneksi matematis siswa mereka. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis proyek yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis mahasiswa calon guru SD/MI dengan cara mengembangkan serta menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari modul yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE dan diujicobakan pada 9 orang mahasiswa PGMI STAI Al-Fithrah Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, modul pembelajaran berbasis proyek mendapatkan hasil kevalidan dalam kategori cukup valid. Dari segi kepraktisan, mendapatkan hasil rata-rata 88,69 dengan kategori sangat baik, sedangkan dari keefektifan rata-rata nilai kemampuan koneksi matematis mahasiswa sebelum penggunaan modul adalah 59,78 dan setelah penggunaan modul yaitu 75,11 dan dapat dikatakan efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis.


Keywords


Mathematical Connection; Module; Project Based Learning.

References


Akbar, S., & Holid, A. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran / Sa’dun Akbar ; editor, Anwar Holid | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=860002

Amin, Y. A., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 49–65. https://doi.org/10.30659/kontinu.5.1.49-65

Asmarawati, E., Riyadi, R., & Sujadi, I. (2016). Proses Integrasi Sikap Sosial dan Spiritual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kecamatan Purwodadi. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(1), Article 1. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/8014

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model: Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Copyright © 2005 The George Lucas Educational Foundation | All Rights Reserved. (2005). 5.

Cruz, S., Viseu, F., & Lencastre, J. A. (2022). Project-Based Learning Methodology as a Promoter of Learning Math Concepts: A Scoping Review. Frontiers in Education, 7.https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/feduc.2022.953390

Diana, R. F. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(1), 17–32.

Fahrurrozi, M., Mohzana, M., & Murcahyanto, H. (2021). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Guru Kelas. JOEAI:Journal of Education and Instruction, 4(1), 197–205. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2146

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512

Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S., & Yumiati, Y. (2017). Developing Students’ Ability of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Infinity Journal, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.p11-20

Halimah, L., & Marwati, I. (2022). Project Based learning untuk pembelajaran abad 21. PT Refika Aditama. //perpustakaan.smkn1blitar.sch.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D15172%26keywords%3D

Hoogland, K., Koning, J. D., Bakker, A., Pepin, B. E. U., & Gravemeijer, K. (2018, June 26). Changing representation in contextual mathematical problems from descriptive to depictive: The effect on students’ performance. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.06.004

Kandari, K., & Zanthy, L. (2020). Mathematical Connection Ability: Impact of Contextual Teaching And Learning Approaches in Flat Side Space Lesson. Desimal: Jurnal Matematika, 3, 37–44. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.4467

Kartika, Y. K., Pujiastuti, E., & Soedjoko, E. (2019). The effectiveness of project based learning with creative mind-map tasks for improving mathematical connection ability and student curiosity. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i2.31937

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91–104. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Najuah, N., Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.

National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Nisa, A., Mz, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 95–105. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Nuwa, G. G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.35673/atta'dib.v1i2.945

Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Bandung). Rosda Karya. //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D1465%26keywords%3D

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJHcDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Rayanto+Sugianti&ots=ybqeSEzzEX&sig=uUlHkZFktsAJiEB8aHrviOQrPEc&redir_esc=y#v=onepage&q=Rayanto%20Sugianti&f=false

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Septian, A. (2022). Student’s mathematical connection ability through GeoGebra assisted project-based learning model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Setiawan, F. T., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2017). Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.13135

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Wardhani, S. (2013). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. 197.

Warsono, H., & Hariyanto, M. S. (2013). Pembelajaran aktif dan assesmen. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya (Indones).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.