PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIBLE BOOKS TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATION THINKING SISWA DI SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(4) Universitas Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Computation Thinking adalah kemampuan yang melibatkan penalaran secara logis dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang harus dimiliki oleh setiap individu. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media buku digital bersuara yang disebut dengan Audible Books terhadap kemampuan Computation Thinking siswa kelas V di Sekolah Dasar Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kuasi eksperimen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh perhitungan persentase secara keseluruhan dari Computation Thinking siswa pada tahap pretest sebesar 50,97% yang berarti masih berada pada tahap rendah. Setelah siswa diberi perlakuan dengan menggunakan media Audible Books yang memuat materi matematika, diperoleh hasil dari posttest dengan persentase sebesar 65,16% hal ini berarti kemampuan Computation Thinking siswa meningkat dan berada pada kategori sedang. Perolehan hasil uji T diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 dan Uji Wilcoxon diperoleh hasil selisih Mean Rank sebesar 14.00 dan perolehan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 hal ini berarti terdapat peningkatan sesudah diberikan perlakuan dan sesuai dengan uji hipotesis jika Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan audible books terhadap kemampuan Computation Thinking siswa. Untuk hasil perhitungan mean N Gain diperoleh sebesar 0,343 hal ini berarti nilai gain berada diantara 0,3-0,7 yang berarti penggunaan Audible Books efektif untuk meningkatkan kemampuan Computation Thinking siswa. Penggunaan Audible Books memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan Computation Thinking siswa dan media Audible Books cukup efektif untuk digunakan sebagai media dalam meningkatkan kemampuan Computation Thinking siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2019). Interactive Multimedia in Learning 2-Dimensional Gemoetric Shapes in Elementary School. Prosiding CELSciTech, 4, 51–53.
Alim, J. A., Hermita, N., Alim, M. L., Wijaya, T. T., & Pereira, J. (2021). Developing a Math Textbook using realistic Mathematics Education Approach to increase elementary students’ learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v9i2.39393
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. DIRASAH Jurnal Study Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 3(1). https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.119
Augie, K. T., & Priatna, N. (2021). Penggunaan Podcast Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa selama Gangguan Pandemi. Jurnal Didactical Mathematics, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1042
Cai, J., & Ni, Y. (2011). Investigating curricular effect on the teaching and learning of mathematics in a cultural context: Theoretical and methodological considerations. International Journal of Educational Research, 50(2), 65–70.
Dharma, I. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Jurnal for Lesson and Learning Studiesis, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Fauji, Tri., Sampoerno, Pinta D., & Hakim, Lukman E. (2022). Penilaian berpikir komputasi sebagai kecakapan baru dalam literasi matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Fitriani, W., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi : Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Indriastuti, F. (2015). Cerita Rakyat Dalam Format Buku Audio Digital Untuk Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknodik, 183–194. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i2.159
Jatisunda, M. G., Suciawati, V., & Nahdi, D. S. (2020). Discovery Learning with Scaffolding To Promote Mathematical Creative Thinking Ability And Self-Efficacy. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 351–370. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6903
Napitupulu, R. C., Alim, J. A., Hermita, N., & Ibrahim, B. (2021). Development of an RME-Based Hypothetical Learning Trajectory of Least Common Multiple for Elementary School Students. Journal of Teching and Learning in Elementary Education 4(2). http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v4i2.7885
Csizmadia, Andrew., Curzon, Paul., Dorling, Mark., Humphreys, Simon., Ng,Thomas., Selby, Cynthia., & Woollard, John. (2015). Computational thinking - a guide for teachers. Swindon. Computing at School 18pp.
OECD. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations.
Pengabdian, J., Susilowati, D., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017
Putra, Z. H., Hermita, N., Alim, J. A. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika , Didaktika , dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1042
Putra, Z. H., Witri, G., Syahrilfuddin. (2020). Matematika Dan Budaya Melayu Dalam Buku Bergambar Matematika Berjudul “ Gelang Comel Buatan Kite” Jurnal Mutiara Pendidikan. 5(1).
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., & Wardani, D. K. (2018). The Assessment of Critical-Thinking-Skill Tests for Accounting Students of Vocational High Schools. International Journal of Education Research Review, 3(4) 85–96.
Sebuah, K., & Literatur, S. (2019). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemrograman dan berpikir komputasi: sebuah studi literatur. Journal of Vocation and Technical Education, 2(2). 37–44. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p37-44
Wijanto, M. C., Tan, R., Sujadi, S. F., Panca, B. S., Toba, H., Yulianti, D. T., Budi, S., Santoso, S.,Widjaja, A., Nathasya, R. A., Kurniawati, G., Karnalim, O. (2021). Implementasi Computational Thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah Atas. Sendimas : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1) 50–55. https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.15
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5990
Refbacks
- There are currently no refbacks.