PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA KONTEKS BUDAYA MINANGKABAU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Isnaniah Isnaniah(1*), M. Imamuddin(2),

(1) UIN Bukittinggi
(2) UIN Bukittinggi
(*) Corresponding Author


Abstract


Pembelajaran lebih mudah oleh siswa apabila materi disajikan dengan menggunakan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Penggunaan konteks membantu siswa dalam penguasaan literasi matematika. Salah satu konteks yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah budaya Minangkabau. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal literasi matematika konteks budaya Minangkabau yang berkriteria valid, praktis dan efektif/memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah Development Research dengan menggunakan tahapan pendahuluan dan evaluasi formatif ( expert-review, one to one, and small-group ), dan field-test .Pengembangan soal ini dilakukan di kelas IXB MTsN 7 Agam dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi, angket, dan tes. Lembar validasi diisi oleh ahli, angket dan tes diisi oleh siswa. Hasil penelitian pengembangan memperoleh data validitas sebesar 87.5 dengan Kriteria sangat valid, kepraktisan mencapai 88.9 dengan kriteria sangat praktis, dan efektif/memiliki efek potensial. Efek yang dikembangkan adalah memiliki manfaat yang tinggi untuk siswa karena dapat memotivasi dan meningkatkan potensi literasi matematika siswa

 

It is easier for students to learn mathematics if the material is presented using their daily context. The use of context helps students master mathematical literacy. One of the contexts that can be used in learning mathematics is the Minangkabau culture. The purpose of this study is to develop mathematical literacy questions using the Minangkabau cultural context with valid, practical, and effective criteria/potential effects. This research is Development Research using preliminary and formative evaluation stages (expert-review, one to one, and small-group), and field-test. The developed mathematical literacy question were carried out in class IXB of MTsN 7 Agam with 30 students. The instruments used include validation sheets, questionnaires, and tests. Validation sheets were filled out by experts while questionnaires and tests were filled out by students. The results of the development research obtained data on the validity of 87.5 with very valid criteria, practicality of 88.9 with very practical criteria, and effective/potential effects. The questions developed are highly beneficial for students because they are able to motivate and improve students' mathematical literacy.



Keywords


Konteks budaya, Literasi matematika, Minangkabau, Soal

References


Bolstad, O. H. (2021). Lower secondary students ’ encounters with mathematical literacy. Mathematics Education Research Journal, 1. https://doi.org/10.1007/s13394- 021-00386-7

C. Morgan. (2016). Mathematics and Human Activity: Representation in Mathematical Writing. Research in Mathematics Education, 8(2), 120–141.

Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA MENGGUNAKAN KONTEKS JAMBI. Jurnal Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207.

Dasaprawira, M. N. (2020). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konteks Wisata Banyumas Dan Cilacap. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 348–364. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp348-364

Efriani, A., Putri, R. I. I., & Hapizah. (2019). Sailing context in pisalike mathematics problems. Journal on Mathematics Education, 10(2), 265–276. https://doi.org/10.22342/jme.10.2. 5245.265-276

Ekawati, R., Susanti, S., & Chen, J.-C. (2020). Primary Students’ Mathematical Literacy: a Case Study. Infinity Journal, 9(1), 49. https://doi.org/10.22460/infinity.v 9i1.p49-58

Fitriza, R., Putra, M. S., & Samad, D. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERWAWASAN AL-QUR’AN DAN BUDAYA MINANGKABAU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1159–1171.

Gradini, E., Firmansyah, & Saputra, E. (2021). Pengembangan Literasi menggunakan soal PISA-LIKE Konteks Kultur Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 5(1), 29–43.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.

Idris, K. (2019). Literasi Statistik Berbasis Konteks Budaya dan Keislaman : Perspektif Dosen dan Mahasiswa PTKI. Prosiding Seminar Nasional IItegrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 357–362.

Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89.

Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah. (2022). PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA TERINTEGRASI ISLAM UNTUK SISWA MADRASAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1355–1371.

Imamuddin, M., & Sepriyanti, N. (2022). Exploring Madrasah Students Mathematics Literacy Ability. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4).

Isnaniah, Firmanti, P., & Imamuddin, M. (2022). Eksplorasi Konsep Matematika dalam Tenun Songket Pandai Sikek. Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 61–74.

Isnaniah, Imamuddin, M., Charles, Syahrul, & Zulmuqim. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131–137.

Junaidi, Susilawati, N., Fernandes, R., Sylvia, I., & Putra, E. V. (2020). Integration of Al-Quran Education and Minangkabau Culture on Subjects in Formal Schooling. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 405, 139–144. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/ assehr.k.200217.029

Kaunang, D. F., Mantiri, J., Mangelep, N. O., & Manado, U. N. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa Smp. Frontiers: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 223–230. https://doi.org/10.36412/frontiers/001035e1/agustus201801.11

Lestariningsih, L., & Lutfianto, M. (2021). Pengembangan Soal Literasi Matematis untuk Mendukung Matematisasi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 7(1), 195–208. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3003

Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech, 6(1), 140–150.

Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. PRISMA, 1(2), 18–32. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/prisma/

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework MAtheMAtIcS, ReAdIng, ScIence, PRobleM SolvIng And FInAncIAl lIteRAcy. In Echinoderms: Durham - Proceedings of the 12th International Echinoderm Conference. https://doi.org/10.1201/9780203869543-c92.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. In Evolution. https://doi.org/10.1787/9789264255425-en.

Oktaviranda, A., & Asmara, A. (2021). Kemampuan Literasi Melalui Pengembangan Soal pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 15. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10620

Plomp, T. (2013). An Introduction to Educational Design Research. SLO.

Putra, R. A., & Manoy, J. T. (2018). PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS LITERASI MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKSS JAWA TIMUR. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7), 150–159.

Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.175

Richardo, R. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 86–98. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variable Penelitian. Alfabeta.

Saukiyah, S., Sunardi, & Dinawati, T. (2017). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Budaya Etnik Madura untuk Siswa SMP/MTs. KadikmA, 8(2), 166–175.

Siswa, R., Pengenalan, T., Matematika, L., Permainan, M., Munfarikhatin, A., Palobo, M., & Mayasari, D. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengenalan literasi Matematika Melalui Permainan Kartu. Musamus Jurnal of Mathematics Education. 2, 92– 101

Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: the PISA experience. Springer. http://opac.lib.um.ac.id/oaipmh/../index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=55958

Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluations: improving the quality of education and training. Kogan Page.

Utomo, M.F.W., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(11), 185–193

Widjaja, W. (2013). The use of contextual problems to support mathematical learning. Journal on Mathematics Education, 4(2), 151–159. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.413.151-159

Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning on realistic mathematics education for Indonesia students teachers. Doctoral dissertation [The Nederland: University of Twente, Enschede]. http://doc.utwente.nl/58718/1/thesi s_Zulkardi.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.