EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADERIC (ACCUMULATION, DEMONSTRATION, EXERCISE, REFLECTION, CREATION) UNTUK MENINGKATKAN KAMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Nicodemus Lolonlun(1), Muhammad Syahrul Kahar(2*), Muhamad Ruslan Layn(3), Abdul Haris Panai(4), Mursalin Mursalin(5), Zulaecha Ngiu(6), Novianty Djafri(7),

(1) Universitas Muhammadiyah Sorong
(2) Universitas Muhammadiyah Sorong
(3) Universitas Muhammadiyah Sorong
(4) Universitas Negeri Gorontalo
(5) Universitas Negeri Gorontalo
(6) Universitas Negeri Gorontalo
(7) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author


Abstract


Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran ADERiC efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika mahasiswa dapat meningkat. Riset ini memanfaatkan metode berupa eksperimen berbentuk pre experimental designs. Riset ini menggunakan populasi yaitu mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan semester IV pendidikan matematika di Universitas Muhamammadiyah Sorong. Jumlahnya yaitu sebesar 22 mahasiswa. Riset ini menggunakan sampel dari mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong sebesar 19 orang sebagai kelas eksperimen. Metode yang dimanfaatkan dalam mengumpulkan data yaitu meliputi instrumen tes, dan instrumen non tes. Adapun metode analisis memanfaatkan statistic descripitif, uji normalitas, dan uji hipotesis. Riset ini mendapatkan sebuah hasil yaitu kemampuan pemecahan masalah  setelah menerapkan model pembelajaran ADERiC meningkat dibandingkan kemampuan pemecahanmatematika awal mahasiswa dapat ditunjukkan melalui pencapaian indikator diperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa yaitu 67,1% berada pada kriteria sedang.  Oleh sebab itu pemanfaatan model pembelajaran ADERiC dapat mendorong peningkatan kemampuan pemecahan masalah. 

Kata kunciEfektif; Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Pembelajaran ADERIC

 

Abstract

This research aims to find out whether the ADERiC learning model is effective in making students' mathematical problem solving skills improve. This research uses an experimental method in the form of pre-experimental designs. This research uses a population, namely students who are undergoing lectures in the fourth semester of mathematics education at the Muhammadiyah University of Sorong. The number is 22 students. This research uses a sample of 19 students of mathematics education at Muhammadiyah University of Sorong as the experimental class. The methods used in collecting data include test instruments and non-test instruments. The analysis method utilizes descriptive statistics, normality test, and hypothesis testing. This research got a result, namely problem solving skills after applying the ADERiC learning model increased compared to students' initial mathematical solving abilities, it can be shown through the achievement of indicators that students' problem solving skills in mathematics were 67.1% in the medium criteria. Therefore, the use of the ADERiC learning model can encourage the improvement of problem solving skills

 

Keywords: Effective ADERIC Learning Model; Problem Solving Ability


Keywords


Efektif; Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Pembelajaran ADERIC

References


Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika Dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar. Jpgsd, 6(10), 1706–1717. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24543

Aldila, A. E. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving Dan Problem Posing Matematis Mahasiswa Via Pendekatan Realistic. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(September 2016), 269–280.

Anugraheni, I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa. 1–6.

Arifin, S. & A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89–98. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Ed. Revisi. PT Bumi Aksara.

Darmik, K., Suma, K., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Murder Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Smp. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–12.

Fitrianti, I., Handayani, D. E., & YP, S. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26677

Hadi, W. (2019). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Ipa Pada Penyelesaian Soal Titrasi. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(2), 100–105. https://doi.org/10.17977/um026v4i22019p100

Insani, N. F., & Sunarti, T. (2018). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 149–153.

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199

Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425–432. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.156

Muliadi, M. P., & Firdaus, M. (2020). Downfall of The Cartels: Gim Edukasi Terintegrasi Sosialisasi P4GN Badan Narkotika Nasional Sebagai Sistem Pendukung Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21903

Nahrisah, E., & Imelda, S. (2015). Dimensi Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(3).

Nurwahidah, Taufik, S., Mirawati, B., & Indriati. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76.

Nuvitalia, D., & Saptaningrum, E. (2020). Profil kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru fisika pada mata kuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah II melalui problem based learning. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 9–13.

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7–11.

Ratnasari, D., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Pbldan Taiterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswakelas Vii Smp Negeri 47 Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1195

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP The Influence of PBL Model Assisted by Question Card toward Mathematic Critical Thinking in JHS. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 46.

Ratuanik, M., & Lamers, P. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 229–241. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.87

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Kemampuan Komuniasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 119–126.

Samo, D. D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Tahun Pertama pada Masalah Geometri Konteks Budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Edmodo. Jurnal Prisma, 10(2), 170. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.735

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Icm (Index Card Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 46–48.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2018). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF. Febrianawati Yusup, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Utami, R. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Langkah Penyelesaian Berdasarkan Polya dan Krulik-Rudnick Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 82–98.

Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 76–81. https://doi.org/10.32505/v3i2.1367

Waskitoningtyas, R. S. (2015). Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontekstual mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 211–219. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690

Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Media Pembelajaran Google Classroom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(1), 88–98.

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.