PENGARUH MEDIA INTERAKTIF GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV

Umi Farihah(1*), Nesty Rachmawati(2), Arik Hariati(3),

(1) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(3) Universitas Jember
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dalam kategori rendah. Maka solusi dari permasalahan tersebut digunakan Geogebra sebagai media interaktif. Studi ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media interaktif Geogebra terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita yang disajikan dalam materi SPLDV. Dalam studi ini digunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi-Eksperimental Design. Sampel ditentukan dengan Purposive Sampling, sedangkan Independent Sample T-Test telah digunakan sebagai analisis data dalam studi ini dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil studi menunjukkan bahwa thitung  = 2,729 > ttabel= 2,052 (sig. 0,009) artinya terdapat perbedaan kemampuan penyelesaian soal cerita siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif Geogebra berpengaruh positif serta signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi  SPLDV.

 

Kata kunci: Penyelesaian soal cerita matematika; media interaktif Geogebra; SPLDV

 

Abstract

The observation results show that students' ability to solve math word problems is in a low category. Then the solution to this problem is using Geogebra as an interactive medium. This study aims to determine the effect of using Geogebra's interactive media on mathematical word problems on SPLDV material. This study employs a quantitative approach by using a Quasi-Experimental Design. The sample was determined by Purposive Sampling, while the Independent Sample T-Test was used as data analysis in this study with normality and homogeneity prerequisite tests. The results showed that tcount = 2,729 > ttable = 2,052 (sig. 0,009) this means that there are differences in the ability to solve student’s word problems between the experimental and control class where the average value of the experimental class is higher than that of the control class.  It can be  concluded that the Geogebra interactive media has a positive and significant effect on students' ability to solve math word problems on SPLDV material.

 

Keywords: Completion of mathematical word problems; Geogebra interactive media; SPLDV


Keywords


Completion of mathematical word problems; Geogebra interactive media; SPLDV

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Arifin, U., & Farihah, U. (2019). Pengaruh metode penemuan terbimbing menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan Geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 171. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3507

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762

Farihah, U., & Fadilah, S. N. (2020). The effect of Islamic interactive media by using adobe flash CS6 on students’ learning outcomes of class 7 in one-variable linear equation material. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), 012112. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012112

Fauzan, G. A., Agina, S., & Setiawan, W. (2020). Analisis kemampuan dan kesulitan dalam menyelesaikan soal berpikir logis matematik siswa SMP dengan penggunaan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.169

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia, 5(1), 533–541.

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis kesulitan siswa MTs Kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh penggunaan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik garis dan sudut. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99–107.

Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425–2437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.752

Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan media Software GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VIII. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99–107. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5014

Putri, A. D., Hasnita, S., Vilardi, M., & Setiawan, W. (2019). Analisis pengaruh minat belajar siswa MA dengan menggunakan Aplikasi Geogebra pada materi SPLDV. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–52. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6348

Radiusman. (2020). Studi literasi: Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sari, I. P., Candraningtyas, S. R., Dewi, H. R., Ilham, M., Akbar, R. M., & Rawi, S. W. (2022). Geogebra dan kemampuan penyelesaian masalah matematis: Penelitian bibliometrik. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 109–120. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.109-120

Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 286–293. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.181

Septian, A., & Monariska, E. (2021). The improvement of mathematics understanding ability on system of linear equation materials and students learning motivation using Geogebra-Based Educational Games. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 371–384.

Shafa, A. F., & Yunianta, T. N. H. (2022). Pengembangan video pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Geogebra materi program linear untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1127. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4882

Sirad, L. O., & Arbain, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis Geogebra materi bangun ruang sisi datar pada pembelajaran virtual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2436. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4198

Sugandi, A. I., Sofyan, D., Maesaroh, S., Linda, L., & Sumarmo, U. (2021). Efektivitas pendekatan induktif deduktif berbantuan Geogebra terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada masa pandemi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 367–376. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3452

Tanu Wijaya, T., Ying, Z., Chotimah, S., Bernard, M., Zulfah, & Astuti. (2020). Hawgent dynamic mathematic software as mathematics learning media for teaching quadratic functions. Journal of Physics: Conference Series, 1592(1), 012079. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1592/1/012079

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan Geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.