PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Juitaning Mustika(1*),

(1) Institut Agama Islam Negeri Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Pada era digital, dibutuhkan media pembelajaran berbasis elektronik serta proses pembelajaran yang sifatnya melatih peserta didik untuk berpikir kreatif dan berbasis proyek. Salah satu media yang dibutuhkan yaitu e-modul dengan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk melatih berpikir kreatif peserta didik. Sehingga tujuan dibuat penelitian ini yaitu mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul matematika Berbasis PjBL ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif. Metode Penelitian yang dilakukan merupakan research and development (R&D). Langkah-langkah identifikasinya yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk awal, serta revisi produk. Penelitian ini menghasilkan validasi ahli materi matematika dengan skor kualitas 3,15 pada kriteria valid. Sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan skor kualitas 3,22 pada kriteria valid. Setelah di uji cobakan e-modul berbasis PjBL didapatkan sebesar 2,98 pada aspek tampilan, sebesar 3,08 pada aspek penyajian materi serta pada aspek kemenarikan dan manfaat diperoleh hasil 2,73. Nilai rata-rata semuanya e-modul yang dikembangkan adalah 2,93 dalam kategori praktis. Peserta didik pun tuntas dalam belajarnya ditinjau dari berpikir kreatifnya. Kesimpulannya e-modul matematika Berbasis PjBL ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif sangat valid dan praktis untuk pembelajaran matematika khususnya pada materi Bangun Ruang.

 In the digital era, electronic learning media and learning processes which train students’ creative thinking and are based on a certain project are needed. One of the media needed is an e-module with Project Based Learning (PjBL) method to train students' creative thinking. The purpose of this research is to investigate the validity and practicality of the Project Based Learning (PjBL) mathematics e-module in terms of creative thinking skills. This research is a research and development (R&D). The identification steps are potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revisions, initial product testing, and product revisions. The result of the study reveals validation result of mathematicians with a quality score of 3.15 on the valid criteria, while the results of the validation of the media experts obtain a quality score of 3.22 on the valid criteria. After testing the PjBL-based e-module, it was obtained 2.98 for the display aspect, 3.08 for the material presentation aspect and 2.73 for attractiveness and advantage aspect. The average score of those aspects is 2.93. It proves that this e-module is in practical category. Students also completed their learning in terms of their creative thinking. In conclusion, the PjBL-Based mathematics e-module in terms of creative thinking skills is very feasible and practical for learning mathematics, especially in the solid figure material.

Keywords


Kata kunci: E-Modul, Kemampuan Berpikir Kreatif , Project Based Learning (PjBL)

References


Ambarjaya, B. S. (2008). Model-model Pembelajaran Kreatif. Tinta Emas.

Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2020). The Importance of Creative Thinking Ability in Elementary School Students for 4.0 Era. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(1), 91. https://doi.org/10.12928/ijemi.v1i1.1512

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.

Islamiati, N., & Kreatif, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL ) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan. 5, 1–7.

Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://bit.ly/Laporan_UN

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Pratiwi, N., Haryanto, H., & Hastuti, W. T. (2021). The effect of the PjBL learning model on PGSD student ability in researching natural science. Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 168–178.

Rachmantika, A. R., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Setting Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2609–2615. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.1100

Raehanah, R., Khotimah, H., & Suhirman, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Berpikir Dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Gerung Tahun 2018/2019. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.20414/spin.v2i1.2000

Safaruddin, Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Murtadho, N. (2020). The effect of PJBL with WBL media and cognitive style on students’ understanding and science-integrated concept application. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 384–395. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24628

Sriwindari, W., Asih, T., & Noor, R. (2022). Pengembangan E- Modul Berbasis Pjbl ( Project Based Learning ) Materi Daur Ulang Limbah. 12–20.

Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Romlie, M. (2020). Implementation of Project-Based Learning Model and Workforce Character Development for the 21st Century in Vocational High School. International Journal of Instruction, 14(1), 181–198. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14111A

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Pengembangan E- Modul Berbasis Pjbl ( Project Based Learning ) Materi Daur Ulang Limbah. IX(2), 101–116.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Wirawan, Ik. Y. A. P., Sudarman, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII Semester Ganjil. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2).

Zahroh, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elektrokimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 191–203. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4283

Zhou, C., Kolmos, A., & Nielsen, J. D. (2012). A problem and Project-Based Learning (PBL) approach to motivate group creativity in engineering education. International Journal of Engineering Education, 28(1), 3–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.