KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN OPEN-ENDEED PROBLEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Kemampuan berpikir kreatif siswa merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Permasalahan open-ended berbasis etnomatematika salah satu cara untuk mendorong siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan open-ended problem berbasis etnomatematika yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Subjek yang dipilih adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif siswa berupa soal open-ended problem berbasis etnomatematika, dan lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, dan originality. Siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu fluency, dan flexibility. Siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah tidak mampu memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif, dikarenakan siswa masih kesulitan dalam menjelaskan penyelesaian yang mereka tulis, serta buruk dalam memahami permasalahan.
Kata kunci: Berpikir kreatif, etnomatematika, kemampuan matematika, open-ended
Abstract
Students creative thinking ability is one of the important aspects of learning mathematics. Open-ended problem based on ethnomathematics are one way to encourage students to improve their creative thinking skills. This study aims to describe students creative thinking ability in solving open-ended problem based on ethnomathematics that have high, medium, and low levels of mathematics. The type of research used is qualitative research. The study subjects were selected using purposive sampling technique. The selected subjects were grade VIII of SMP Negeri 1 Kalitidu, Bojonegoro, East Java. The instrument used in this study was a student’s creative thinking ability test in the form of open-ended problem based on ethnomathematics, and interview guide sheet. The data analysis technique was carried out in 3 stages, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The result of the study, it shows that students with high level of mathematical ability meet the three indicators of creative thinking, namely fluency, flexibility, and originality. Students with medium level of mathematical ability meet two indicators of creative thinking, namely fluency, and flexibility. Students with low level of mathematical ability are not able to meet the three indicators of creative thinking, because students still have difficulty in explaining the solutions they write, and are bad at understanding problems.
Keywords: Creative thinking, ethnomathematics, mathematics ability, open-ended
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amelia, Syela Rizki, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Tugas Open-Ended.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3(3):247–58. doi: 10.22460/jpmi.v3i3.247-258.
Anggraeni, Inggri, Luvy Sylviana Zanthy, and Heris Hendriana. 2018. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Open Ended.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(5):903–14. doi: 10.22460/jpmi.v1i5.p903-914.
Ari Irawan, Kencanawaty Gita. 2017. “Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika.” Journal of Medives 1(2):74–81.
Arif, Widarti. 2020. “Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Siswa.” Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika 5(1):1–8. doi: 10.32528/gammath.v5i1.3201.
Ayu, Laras Sekar, Moch Ilyas Moharom, and Luvy Sylviana Zanthy. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal.” Maju 7(1):8–17.
B. Molina, Novel, Kristoforus Djawa Djong, Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng, and Yohanes Ovaritus Jagom. 2021. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended.” Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika 3(2):187–99. doi: 10.30822/asimtot.v3i2.1374.
Damayanti, Herwinanda Trisnaning, and Sumardi Sumardi. 2018. “Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem.” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 3(1):36–45. doi: 10.23917/jramathedu.v3i1.5869.
Delina, M. Afrilianto, and Euis Eti Rohaeti. 2018. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif 1(3):281–88. doi: 10.22460/jpmi.v1i3.281-288.
Dwi Herdani, Pendawi, and Novisita Ratu. 2018. “Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat.” JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika 2(1):9–16. doi: 10.31764/jtam.v2i1.220.
Faiziyah, Nuqthy, Mufti Khoirunnisa, Navia Nur Azizah, Muhammad Nurrois, Harun Joko Prayitno, Desvian, Rustamaji, and Warsito. 2021. “Ethnomathematics: Mathematics in Batik Solo.” Journal of Physics: Conference Series 1720(1):1–6. doi: 10.1088/1742-6596/1720/1/012013.
Isna, N. N., and I. Kurniasari. 2018. “Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Open Ended Problem Maeri Aritmatika Sosial SMP Ditinjau Dari Kemampuan MAtematika.” MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(3):607–13. doi: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v7n3.p607-613.
Khoirunisa, Liza, and Leny Hartati. 2017. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kecerdasan Emosional.” Jurnal Analisa 3(2):106–14. doi: 10.15575/ja.v3i2.2011.
Laduni, M. 2017. “Kreativitas Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika (Aksioma) 6(1):55–67.
Machromah, Isnaeni Umi, and Budi Usodo. 2016. “Analyze of The Creative Thinking Level of Students Junior High School Viewed From Mathematics Anxiety.” International Conference of Research (22):145–50.
Men, Fulgensius Efrem. 2017. “Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 9(1):35–42.
Mufida, Imroatul. 2014. “Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Segiempat Dan Segitiga Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Di Kelas VII SMPN 1 Driyorejo.” MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(2):113–19.
Munroe, Lloyd. 2015. “The Open-Ended Approach Framework.” European Journal of Educational Research 4(3):97–104. doi: 10.12973/eujer.2015.p97.
Nufus, Hayatun, Muhammad Duskri, and Bahrun Bahrun. 2018. “Mathematical Creative Thinking and Student Self-Confidence in the Challenge-Based Learning Approach.” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 3(2):57. doi: 10.23917/jramathedu.v3i2.6367.
Nurlita, Maya. 2015. “Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 10(1):38–49. doi: 10.21831/pg.v10i1.9106.
Purnomo, D. J., M. Asikin, and I. Junaedi. 2015. “Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Siswa Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning.” Unnes Journal of Mathematics Education 4(2):109–15. doi: https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7450.
Rahayuningsih, Sri, Sirajuddin Sirajuddin, and Muhammad Ikram. 2021. “Using Open-Ended Problem-Solving Tests to Identify Students’ Mathematical Creative Thinking Ability.” Participatory Educational Research 8(3):285–99. doi: 10.17275/per.21.66.8.3.
Rahmawati ES, Yeni, and Idris Harta. 2014. “Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan CTL Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(1):113–26. doi: 10.21831/jrpm.v1i1.2669.
Salafudin, Salafudin, Muhamad Sugeng Sholahuddin, Heni Lilia Dewi, and Alimatus Sholikhah. 2021. “Character Education Through Realistic Mathematics Learning Based On Ethnomathematics.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 5(2):211–21. doi: 10.31331/medivesveteran.v5i2.1623.
Santoso, Helarius Ryan Wahyu, Novisita Ratu, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2014. “Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang.” Satya Widya 30(2):82–95. doi: 10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p82-95.
Sarwoedi, Desi Okta Marinka, Peni Febriani, and I. Nyoman Wirne. 2018. “Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 03(02):171–76. doi: https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521.
Suripah, S., and Aulia Sthephani. 2017. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 12(2):149–60. doi: http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509.
Syahara, Masita Ulil, and Erna Puji Astutik. 2021. “Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(2):201–12.doi: 10.31980/mosharafa.v10i2.892.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5919
Refbacks
- There are currently no refbacks.