ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

Wahyu Linda Setianingsih(1), Arta Ekayanti(2*), Jumadi Jumadi(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Kemampuan numerasi merupakan salah satu kemampuan dasar individu yang dibutuhkan dalam bidang matematika di kehidupan sehari-hari. Kemampuan numerasi menjadi salah satu kemampuan yang diukur dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yaitu bagian dari Asesmen Nasional (AN). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal tipe AKM. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini dilaksanakan di SMPN 1 Bungkal pada kelas VII E dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Empat siswa dengan kemampuan komunikasi baik berdasarkan rekomendasi guru dan memenuhi indikator kemampuan numerasi dipilih sebagai subjek wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi numerasi subjek termasuk dalam tingkat dasar. Subjek belum mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar pada soal tipe AKM numerasi sebab subjek kurang teliti dalam melakukan operasi hitung dasar. Subjek belum mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya) dikarenakan tiga dari empat subjek dapat menjelaskan maksud data yang disajikan, namun belum mampu menganalisis informasi yang diperoleh dari data. Tiga dari empat subjek mampu menafsirkan hasil analisis permasalahan untuk memprediksi dan mengambil keputusan dalam menyelesaikan permasalahan soal tipe AKM numerasi.

 

Abstract

This research aims to describe the numerical ability of Junior High School students in solving Minimum Competency Assessment (AKM) types. This research is research with a qualitative approach. This research was conducted at SMPN 1 Bungkal in class VII E. The data gathering techniques used in this research are test and interview methods. All students of class VII E were given a numeracy ability test using AKM type questions. Furthermore, four students were taken as interview subjects who had good communication skills based on the teacher's recommendations and who met the indicators of numeracy ability. Data analysis used in this research is data reduction, data presentation, and data verification. The results of this research indicate that the subject's level of numerical competence is included in the basic level. The subject has not been able to use various kinds of numbers or symbols related to basic mathematics in numeration AKM type questions because the subject is not thorough in carrying out basic arithmetic operations. Subjects have not been able to analyze the information presented in various forms (graphs, tables, charts, diagrams and so on) because three of the four subjects can explain the purpose of the data presented, but have not been able to analyze the information obtained from the data. Three of the four subjects were able to interpret the results of the problem analysis to predict and make decisions in solving numeric AKM type questions.


Keywords


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM); Kemampuan Numerasi; Soal Tipe AKM

References


Af-idah, N. Z., & Suhendar, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori APOS saat Diterapkan Program Belajar dari Rumah. Jurnal Edupedia, 4(2), 103–112.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Buscher, C. (2018). Mathematical Literacy on Statistical Measures A Design Research Research. Springer Spektrum.

Cahyanovianty, A. D. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.

Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm_202101_1.pdf

Panggabean, R. F. S. B., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal [Difficulty in Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2091

Pasehah, A. M. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Sesiomadika, 2(1), 1094–1108.

Pulungan, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia. JOTE:Journal On Teacher Education, 3(3), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4574

Ratnasati, Y., & Nurhidayah, D. A. (2020). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Matematika. Edupedia, 0985(10), 481124.

Syawahid, M. (2019). Mathematical Literacy in Algebra Reasoning. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 02(1), 33–46.

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Zaina, I., & Johar, R. (2019). Pelaksanaan Matrikulasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Peluang, 7(1), 136–150.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.