ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL RASCH DENGAN BANTUAN SOFTWARE QUEST
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Pentingnya evaluasi hasil belajar untuk memberikan gambaran tentang informasi yang diterima oleh individu siswa tentang aktivitas dan kualitas kompetensi yang diperoleh dalam pembelajaran. Penelitian ini menerapkan metodologi penelitian yang bersifat evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonogiri. Subjek dalam penelitian ini 286 siswa kelas X MIPA. Evaluasi dalam penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen 12 butir soal matematika materi fungsi eksponensial dan fungsi logaritma. Bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan kualitas soal matematika siswa pada materi fungsi eksponensial dan fungsi logaritma memenuhi kriteria atau tidak. Teknik pengumpulan data menggunakan bantuan software QUEST. Data yang dikumpulkan diperiksa menggunakan metodologi Item Response Theory (IRT) Rasch. Analisis dilaksanakan dengan menggunakan software QUEST. Hasil temuan analisis item mengungkapkan bahwa 10 item dengan nilai INFIT MNSQ berkisar antara 0,77 hingga 1,33 sesuai dengan model Rasch, sedangkan 2 item tidak karena nilai INFIT MNSQ berada di luar kisaran. Berdasarkan proyeksi OUTFIT t kurang dari sama dengan 2.00, butir soal dapat digunakan. Item yang memenuhi syarat dapat digunakan karena analisis t OUTFIT mengidentifikasi sepuluh hal yang memenuhi kriteria dan dua item yang tidak memenuhi kriteria. Skor reliabilitas estimasi item adalah 0,97 dan skor reliabilitas estimasi kasus adalah 0,25.
The importance of evaluating learning outcomes is to provide an overview of the information received by individual students about the activities and quality of the competencies obtained in learning. This study uses an evaluation research methodology with a quantitative descriptive approach. This research was conducted at SMA Negeri 1 Wonogiri. The subjects in this study were 286 students of class X MIPA. Evaluation in this study was carried out using 12 items of mathematical questions on exponential functions and logarithmic functions. Aims to evaluate and describe the quality of students' math problems on exponential functions and logarithmic functions whether they meet the criteria or not. Data collection techniques using the help of QUEST software. The data collected was examined using Rasch's Item Response Theory (IRT) methodology. The analysis was performed using QUEST software. The findings of the item analysis revealed that 10 items with an INFIT MNSQ score ranging from 0.77 to 1.33 were in accordance with the Rasch model, while 2 items were not because the INFIT MNSQ score was out of range. Based on the projection OUTFIT t is less than equal to 2.00, the items can be used. Qualifying items can be used because OUTFIT's t analysis identified ten items that met the criteria and two items that did not meet the criteria. The item estimation reliability score was 0.97 and the case estimation reliability score was 0.25.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardiyanti, D. (2017). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 248. https://doi.org/10.22146/jpsi.17801
Brookhart, S. M., & Nitko, A. J. (2018). Educational assessment of students. Human Movement Science, 53(1), 1689–1699.
Hakiki, A. W., Fitri, A. R., & Agung, I. M. (2018). Analisis Properti Psikometri Subtes Merkaufgaben (ME) dengan Rasch Model. Jurnal Psikologi, 14(1), 40. https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.4900
Hamid, A. (2016). Implementasi Kompetensi Guru dalam Evaluasi Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Sosial Budaya Islam, 1(1), 28–42. https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif/article/viewFile/433/347
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers.
Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar (Analysis of Odd Semester Final Test Items in Elementary School of Social Studies Subjects). Journal of Elementary Education, 4(1), 1–6. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7488
Marjiastuti, K., & Wahyuni, S. (2014). Analisis Kemampuan Peserta Didik dengan Model Rasch. In Jurnal Indonesia (Issue 2004, pp. 121–128).
Nazaruddin. (2017). Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar melalui Workshop di SD Negeri Lamteubee. Serambi Akademika, V(1), 32–42.
Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru Ipa Smp N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 106–112. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Pratama, D. (2020). Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61–70. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1187
Primi, C., Morsanyi, K., Chiesi, F., Donati, M. A., & Hamilton, J. (2016). The Development and Testing of a New Version of the Cognitive Reflection Test Applying Item Response Theory (IRT). Journal of Behavioral Decision Making, 29(5), 453–469. https://doi.org/10.1002/bdm.1883
Purba, S. E. D. (2018). Rasch model analysis of achievement test instruments on basic subjects and electrical measurements. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 142.
Purwanti, M. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2710
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Prama Publishing.
Rosana, D., & Sukardiyono. (2015). The items analysis and the identification of final test score inappropiateness to standardize the assesment. Jurnal Kependidikan, 45(2), 130–141. https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7490
Setiadi, H. (2016). PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013 Pendahuluan Pada tahun pelajaran 2014 / 2015 telah mulai diberlakukan Kurikulum 2013 di selu- ruh Indonesia yang merupakan pembaharu- an dan penyempurnaan Ku. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Setyawarno, D. (2017). Use of Aplication of Software Iteman (Item and Test Analysis) toAnalysis of Multiple Choice Item Based upon Classical Test Theory. Universitas Negeri Yogyakarta, 1(May).
Susdelina, Perdana, S. A., & Febrian. (2018). Analisis kualitas instrumen pengukuran pemahaman konsep persamaan kuadrat melalui teori tes klasik dan rasch model. 1, 41–48.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5908
Refbacks
- There are currently no refbacks.