LEARNING OBSTACLE DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Raudiyah Rizki R(1), Didi Suryadi(2*), Elah Nurlaelah(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan gambaran mengenai learning obstacle yang dialami siswa dalam  menyelesaian pemecahan masalah berdasarkan kemampuan pemecahan masalah siswa  pada materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini  dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Bandung pada kelas VIII. Analisis kemampuan pemecahan masalah dan learning obstacle siswa dilakukan berdasarkan hasil uji instrumen, wawancara yang mendalam, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami learning obstacle yang bersifat ontogenik, didaktis maupun epistemologis dalam menyelesaikan pemecahan masalah berdasarkan identifikasi  kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini telah mengidentifikasi bahwa terdapat learning obstacle siswa dalam menyelesaikan pemecahan  masalah.

This research aims to produce a description of the learning obstacles experienced by students in problem solving based on students' problem solving on the flat faces three-dimensional geometrical contentThe method used in this research uses a qualitative method. This research was conducted atone of Junior high school in Bandung in eighth-grade . Analysis of students' problem solving abilities and learning obstacles  is based on the results of the test, in-depth interviews, document analysis and text book analysis. The results showed that students experienced learning obstacle that were ontogenic, didactic and epistemological learning in  problem solving based on the identification of problem solving abilities. Based on this, this research has identified that there are  learning obstacles for students in problem solving.


Keywords


bangun ruang sisi datar; learning obstacle; pemecahan masalah

References


Adiwinata, R., Masykur, R., & Putra, R. W. Y. (2018). Learning Obstacle untuk Siswa SMP Materi Tabung dan Kerucut. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (1), 507–513.

Aji, A., Tias, W., & Wutsqa, D. U. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta an Analysis of Senior High School Students’ Difficulties in Mathematics Problem Solving Based At Grade Xii of Science Program in Yogyakarta City. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 2

August, F. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. JIPMat, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080

Cesaria, A., & Herman, T. (2019). Learning obstacle in geometry. Journal of Engineering Science and Technology, 14(3), 1271–1280.

Fatimah, A., & Purwasih, R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Di Islamic Boarding School Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 625–632. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.625-632

Hidajat, D. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4452

Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Epistemological Obstacle Siswa SMA pada Materi Trigonometri. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547–558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.547-558

Kurniawan, A., Setiawan, D., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Berbantuan Soal Ontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 271–282.

Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477

Prabawanto, S. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 6(1), 1–40.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57–62.

Rismawati, Y., Nurlitasari, L., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Karakteristik Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 99. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p99-106

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118.

Sabrina Ovi Saffanah. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Didactical Mathematics, 4(1), 200–209. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2068

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142

TURHAN, B., & GÜVEN, M. (2014). The Effect of Mathematics Instruction With Problem Posing Approach On Problem Solving Success, Problem Posing Ability And Views Towards Mathematics. Cukurova University Faculty of Education Journal, 43(2). https://doi.org/10.14812/cufej.2014.021

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur

Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.