KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam matematika, merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian terdahulu menyatakan bahwa penguasaan keterampilan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya gaya belajar siswa. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan 28 siswa. Sementara itu, analisis secara mendalam dilakukan pada masing-masing satu siswa di tiap tipe gaya belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, soal tes berorientasi HOTS, dan pedoman wawancara. Tahapan analisis data yang diterapkan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa ketercapaian indikator HOTS siswa dengan gaya belajar visual pada level analisis dan evaluasi tergolong tinggi yaitu sebesar 100%, sedangkan pada level kreasi tergolong sangat rendah yaitu sebesar 0%. Ketercapaian indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan gaya belajar auditorial pada level analisis dan evaluasi tergolong tinggi yaitu sebesar 100%, sedangkan pada level kreasi tergolong rendah yaitu sebesar 33%. Ketercapaian indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan gaya belajar kinestetik pada level analisis dan evaluasi tergolong tinggi yaitu sebesar 100%, sedangkan pada level kreasi tergolong sedang yaitu sebesar 67%. Hal ini menunjukkan perlunya upaya peningkatan HOTS level kreasi pada siswa di semua tipe gaya belajar.
Abstract
Higher Order Thinking Skills in mathematics is the essential factors influencing student learning achievement. Previous research stated that several factors influence the mastery of this skill. One of the factors is the student's learning style. Therefore, this study aims to describe students' higher-level thinking skills in SPLDV problems based on learning styles. This qualitative research uses a descriptive approach involving 28. Meanwhile, an in-depth analysis was carried out on one student each in each type of learning style. The instruments used in this study were learning style questionnaires, HOTS-oriented test questions, and interview guidelines. The stages of data analysis applied are data reduction, data presentation, and concluding. Based on the analysis, it concluded that the achievement of the HOTS indicators of students with visual learning styles at the level of analysis and evaluation is relatively high, namely 100%, while at the creation level, it is classified as very low, which is 0%. The achievement of indicators of high-level thinking skills of students with auditorial learning styles at the level of analysis and evaluation is relatively high, namely 100%, while at the level of creation is relatively low, which is 33%. The disparity of indicators of high-level thinking skills of students with kinesthetic learning styles at the level of analysis and evaluation is relatively high, namely 100%. In contrast, the level of creation is classified as medium, which is 67%. These findings demonstrate the need for efforts to improve HOTS creation levels in students across all types of learning styles.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bermuatan Higher-Order Thinking Skills ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1564. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3743
Ardhana, T., & Rejeki, S. (2020). Keterampilan Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut. Educatif : Journal of Education Research, 2(2), 23–35.
Djidu, H., & Jailani. (2016). Aktivitas Pembelajaran Matematika yang Dapat Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 314.
Husnah, N. U., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Think Talk Write Learning Model in Improving Students’ Mathematical Communication Skills at MTs Al Jami’yatul Washliyah Tembung. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(2), 1–12.
Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy : 41(4), 212–219.
Machromah, I., Setyaningsih, R., Sari, C., Swastika, A., & Khoirunnisa, M. (2019). HOTS Problem Posing On Mathematics Pre-Service Teachers. Proceedings of the Proceedings of the 4th Progressive and Fun Education International Conference, Profunedu 2019, 6-8 August 2019, Makassar, Indonesia, September. https://doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288426
Maimunah, M., Andrari, F. R., & Qadarsih, N. D. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Calon Guru Matematika ditinjau dari Gaya Belajar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 237–244. https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6287
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915
Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP/AKSI. In Https://Studylibid.Com. https://studylibid.com/doc/63260/belajar-dari-hasil-un--pisa--timss--inap
OECD. (2014). PISA 2012: Results in Focus What 15-Year-Olds Know and What They Can Do With What They Know. OECD.
OECD. (2016). PISA 2016 Results in Focus. OECD.
OECD. (2019). PISA 2018 Result: Combine Executife Summaries. OECD.
Porter, B. De, & Hernaki, M. (2015). Quantum Learning. Mizan Pustaka.
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., Indrawati, Bahri, S., & Samsuriadi. (2020). Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 142–153. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.68
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sutama, & Anggitasari, B. (2018). Gaya dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK. Manajemen Pendidikan, 13(1), 52–61. http://journals.ums.ac.id/index.php/jipt/article/view/1364
Tonra, W. S., Budiarto, M. T., & Masriyah. (2019). Profile of High Order Thingking Skill ( HOTS ) of Junior High School Students ’ Grade 8 in Solving Linear Equation System Problems Based on Kinesthetic and Visual Learning Styles. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 212–214. https://doi.org/https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.139
Yazici, H. J. (2016). Role of Learning Style Preferences and Interactive Response Systems on Student Learning Outcomes. International Journal of Information and Operations Management Education, 6(2), 109. https://doi.org/10.1504/IJIOME.2016.076046
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5896
Refbacks
- There are currently no refbacks.