PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MEDIA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ayunissa Cahyaningrum(1*), Arief Cahyo Utomo(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari hasil belajar kognitif matematika antara kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan kelompok siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas III MIM Gonilan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 56 siswa terdiri dari 28 siswa (kelas eksperimen) dan 28 siswa (kelas kontrol). Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Data dianalisis menggunakan analisis stastistik deskriptif dan statistik inferensial (uji T sampel independen). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar hasil belajar kognitif matematika antara kelompok siswa menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media congklak dan kelompok siswa menggunakan pembelajaran konvensional (t hitung = 3,426 > t tabel = 2,021). Rata-rata hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah pre-test 75.36 dan post-test 90.36 lebih besar dari kelompok kontrol adalah pre-test 73.57 dan post-test 79.64. Terlihat dari t hitung 3,426 lebih besar dari t tabel 2,021. Hal ini berarti dari t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak atau Ha diterima sehingga model pembelajaran STAD berbantuan media congklak ini berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas III.


Keywords


Hasil Belajar Matematika; Media Congklak; Model Pembelajaran STAD

References


Bhoke, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada-Flores. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 102–121.

Erlin Prasetyo, N. H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/article/view/1450

Hamdani, A. R., & Rohayati, R. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Operasi Hitung Perkalian pada Siswa Kelas IV. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 3(1), 57–84. Retrieved from https://doi.org/10.36989/didaktik.v3i1.56

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Inayah, N., Cahyaningtyas, A. P., & Kusumadewi, R. F. (2021). Interactive Pictorial Story as Learning Media for Third Grade Students. Profesi Pendidikan Dasar, 8(1), 35–47. https://doi.org/10.23917/ppd.v8i1.12299

Jakni, S. P. (2016). Metodelogi Penelitian Ekspreimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lestari, F., Saryantono, B., Syazali, M., Saregar, A., Madiyo, Jauhariyah, D., & Umam, R. (2019). Cooperative Learning Application with the Method of Network Tree Concept Map: Based on Japanese Learning System Approach. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(1), 15–32. https://doi.org/10.17478/jegys.471466

Mahmud, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daruba 2 Kepulauan Morotai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division ( STAD ). Pedagogik, Vol 5, No., 47–58. Retrieved from https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/1748/1317#

Maria, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II dengan Menggunakan Media Congklak di SD Katolik Wetakara. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(12), 67–77. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/378

Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204–210. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287

Nurohmah, R. (2019). Pengaruh Media Dakota pada Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV SDN 3 Bendoagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 05(1), 41–46. https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1533

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang di Ajar dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. Retrieved from http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452

Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 126. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10087

Rantung, R. N., Kaluando, T. A., & Manado, U. N. (n.d.). STAD Type Cooperative Learning Model Implementation in Improving Mathematics Learning Outcomes in Class IV SDN Girian Indah Bitung. (20), 1–7. https://doi.org/10.36412/dilan.v1i1.1581

Sani, F. (2018). Metode Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Selfiana, D., Nurfalah, E., & Wiratsiwi, W. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Bulat Melalui Model Kooperatif STAD dengan Media Video. IV, 439–447. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V4.7-04-Selfiana.pdf

Setiyowati, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Cokngklak pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Skripsi, 1–14. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/2243/

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Verawati Wote, A. Y., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384

Yuniarti, Y. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung melalui Model Pembelajaran STAD. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 3(1), 71. https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i1.292

Yusuf, A. M. (2016). (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.