LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING: UPAYA MENDUKUNG PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POLA BILANGAN

Nur Setiyaningrum(1), Christina Kartika Sari(2*),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk, juga menguji kevalidan dan kelayakan produk yang dikembangkan. Metode yang diterapkan yakni research and development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini hingga tahap pengembangan saja. Produk yang dihasilkan berupa LKPD berbasis Problem Based Learning. Tahap analisis peneliti melakukan analisis kebutuhan LKPD, analisis kurikulum, dan analisis materi. Selanjutnya tahap perancangan yang terdiri dari perancangan produk, perancangan instrumen validasi, instrumen penilaian praktisi, dan instrumen penilaian peserta didik. Tahap pengembangan dilakukan dengan mengembangkan LKPD dan validasi. Validasi dilakukan oleh tiga validator, penilaian dilakukan oleh satu praktisi, dan enam peserta didik. Sistem pengumpulan data yang dilakukan yakni observasi, wawancara, dan angket. Pengolahan analisis hasil wawancara dengan cara analisis deskriptif, sedangkan analisis angket kevalidan dan kelayakan diolah dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas menyatakan memenuhi kriteria validitas dengan skor 3,51. Hasil uji kelayakan praktisi menyatakan memenuhi kriteria kelayakan dengan skor 3,73 dan penilaian peserta didik dengan skor 3,71. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning valid dan layak digunakan dalam pembelajaran serta mampu mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis.


Keywords


critical thinking, LKPD, Problem Based Learning

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., Friansah, D., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp Negeri 11 Lubuklinggau. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360

Al Amin, Y., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Kontinu:Jurnal Pendidikan Didaktik Matematika, 5(1), 49–65.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (M. Ryan (ed.); 4th ed.). McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1, 90. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Ayuni, Q., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 694–704.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Chusni, M. M., Saputro, S., Suranto, & Rahardjo, S. B. (2020). Review of critical thinking skill in Indonesia: Preparation of the 21st century learner. Journal of Critical Reviews, 7(9), 1230–1235. https://doi.org/10.31838/jcr.07.09.223

Daniel, F. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning ( PJBL ) Berpendekatan Saintifik.

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal Axiom, VII(1), 91–96.

Khotimah, R. P., & Sari, M. C. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Menggunakan Konteks Lingkungan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 761. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2909

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, 3, 28–47.

Musfiqi, an. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Developing Mathematics Instructional Materials Oriented to Character and Higher Order Thinking Skill (Hots). PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–59. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 19–20.

Padmavathy, R. D. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary E-Journal, II(1), 45–51. www.shreeprakashan.com

Pahrudin, Agus dan Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. In Pustaka Ali Imron (Vol. 1, Issue 69).

Sidiq, Y., Ishartono, N., Desstya, A., Prayitno, H. J., Anif, S., & Hidayat, M. L. (2021). Improving elementary school students’ critical thinking skill in science through hots-based science questions: A quasi-experimental study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 378–386. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.30891

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271.

Wasonowati, R. R., Redjeki, T., & Ariani, S. R. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada pembelajaran Hukum-hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik (Cet. 9). Pustaka Pelajar.

Yusuf, R. R., Fachruddin S., M., & Yensy, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 73–80. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.73-80

Zakiah, N. ., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implemantasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Teorma: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.