PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM

Ari Septian(1*), Sarah Inayah(2), Mela Monika Putri(3),

(1) Universitas Suryakancana
(2) Universitas Suryakancana
(3) Universitas Suryakancana
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, dan untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap model pembelajaran flipped classroom. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian adalah Nonequivalent control group design. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model flipped classroom dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Tanwiriyyah, adapun sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dari tiga kelas dipilih dengan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket skala sikap. Pengolahan data untuk pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik dari pada siswa yang menggunkan pembelajaran biasa; 2) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom adalah positif.

Keywords


kemampuan pemahaman konsep matematika; flipped classroom;sikap siswa

References


Abidin, M. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Rumus Transformasi Geometri. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 49–60.

Annisah, S., Suhendi, Supriatin, A., & Masfiah, S. (2021). Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 7, no.

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prisma, 10(1), 121. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.962

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada

Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118

Gawise, G., Tarno, T., & Lestari, A. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom masa Pandemi Covid -19 terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246–254. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.328

Gularso, D., Suryantari, H., Rigianti, H. A., & Martono. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 100–118. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15890

Hadi, B. (2021). A Learninng Loss Pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia: Learning Loss. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 290–296. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/262

Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Inayah, S., Septian, A., Fazrianto, R., & History, A. (2020). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm

Janatin, Y., Hamid, A., & Yunian, R. W. P. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dengan Menggunakan Pembelajaran Model Flipped Classroom. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 2(1), 125–139.

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama.

Marina, H., & Ridlo, S. (2021). The effectiveness of flipped classroom to improve students’ concept understanding and self efficacy during the covid-19 pandemic. Journal of Biology Education, 10(1), 70–76.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

NCTM. (2014). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nouri, J. (2016). The flipped classroom: for active, effective and increased learning – especially for low achievers. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 13(1). https://doi.org/10.1186/s41239-016-0032-z

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurhasanah, L. A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1)

Pratiwi, A., Sahputra, R., & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa Sman 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(11).

Putri, R. R., Khairil, K., & Safrida, S. (2022). Application of the Flipped Classroom Model Integrated with Google Classroom to the Student’s Learning Motivation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 263–268. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1157

Rochmiyati, S., Wijayanto, Z., Supriadi, D., Tamansiswa, U. S., Rochmiyati, S., Wijayanto, Z., Classroom, F., & Learning, M. (2020). A NEEDS ANALYSİS OF FLİPPED CLASSROOM -BASED MATHEMATİCS LEARNİNG MODEL. 17(5), 69–93.

Sari, F. F. (2022). Sikap Siswa terhadap Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di SD IT Al-Hilmi Dompu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.153

Sativa, Y. A., & Badu Kusuma, A. (2021). Flipped Classroom sebagai Pendekatan Pembelajaran Matematika di Era Pandemi. Saintifik, 7(2), 126–132. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.317

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta.

Suhartono, S., & Mahmudinata, A. A. (2021). Keefektifan Model Flipped Classromm terhadap Pemahaman Konsep Fikih (Studi Analisis Model Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19). An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 8(2), 217–237. https://doi.org/10.36835/annuha.v8i2.452

Sumarmo, U. (2012). Bahan Belajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika. STKIP Siliwangi.

Syajili, A., & Abadi, A. M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Peserta Didik pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1639-1650.

Syariful Anam, & Elya Umi Hanik. (2020). Problematika Kebijakkan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Qiroah, 10(2), 73–81. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n2.73-81

Umam, K., Nusantara, T., Parta, I. N., Hidayanto, E., & Mulyono, H. (2019). An application of flipped classroom in mathematics teacher education programme. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(3), 68–80. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i03.10207

Vygotsky, L. S., & Cole, M. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard university press.

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, Volume 5 N, 3902–3911. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Yulietri, F., Mulyoto, & S, L. A. (2015). Model flipped classroom dan discovery learning pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Jurnal Teknodika, 13(2), 5–17. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6792




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.