ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN SOAL CERITA SISWA SMP NEGERI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Sauzan Fauziah Pulungan(1), Reflina Reflina(2*),

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan pemecahan masalah siswa Kelas IX SMP/MTs Kota Padangsidimpuan dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan prosedur pemecahan masalah Polya. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode analisis deskriptif. Teknik stratified proportional random sampling digunakan dalam menentukan sampel penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah 109 siswa kelas IX SMP/MTs Negeri Kota Padangsidimpuan. Instrument penelitian berupa tes soal yang telah divalidasi berbentuk soal cerita. Analisis data dilakukan dengan melihat kesalahan penyelesaian siswa mengerjakan soal dengan prosedur Polya. Hasil analisis menunjukkan kesalahan siswa pada memahami masalah sebesar 29%, pada perencanaan strategi 10%, pelaksanaan penyelesaian 18%, dan pemeriksaan kembali 6%. Hal ini membuktikan bahwa kesalahan yang dominan terjadi ialah kesalahan memahami masalah dan kesalahan yang jarang dilakukan ialah pada pemeriksaan kembali.


Keywords


Bangun Ruang Sisi Lengkung, Pemecahan Masalah Polya, Soal Cerita

References


Aini, S. D., Jannah, U. R., & Masruroh, R. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikam Masalah Trigonometri. Sigma, 3(1), 17–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v3i1.337

Amin Suyitno, H. S. (2015). Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student). International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.

Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 346.

Dzikril Hakim, I., & Galih Adirakasiwi, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 70–87. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.14517

Harahap, Z. I. S., Muchlis, E. E., & Maulidiya, D. (2019). Faktor – Faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Kubus Dan Balok. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 342–352. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.342-352

Irawati, S. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linear. Sigma, 01, 29–34.

Lahinda, Y., & Jailani. (2015). Analisis proses pemecahan masalah matematia siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874

Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin, 85(623), 43–52. https://doi.org/10.1177/019263650108562306

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927

Noviani, J. (2019). Analisis Kesalahan Tahapan Kastolan Dan Pemecahan Masalah Model Polya Pada Mata Kuliah Matematika Finansial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 27–39. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.891

Nuraida, I. (2017). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas Ix Smp Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Teorema, 1(2), 25. https://doi.org/10.25157/.v1i2.550

Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Rosyida, E. M., Riyadi, & Mardiyana. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Pendapat John W. Santrock Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(10), 973–981. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Seifi, M., Haghverdi, M., & Azizmohamadi, F. (2012). Recognition of Students’ Difficulties in Solving Mathematical Word Problems from the Viewpoint of Teachers Contextual and Conceptual Rewording View project. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(3), 2923–2928.

Tefi, J. T., Fitriani, F., & Deda, Y. N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX SMP N 1 Amanuban Barat Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 46–59. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.46-59

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Ix-G Di Smp Negeri 3 Cimahi Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p305-312

Wasida, M. R., & Hartono, H. (2018). Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 82. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.10060




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5794

Refbacks