KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN LATIHAN SPLDV DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

farah nisa abida(1*), Nining Setyaningsih(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Literasi matematis merupakan kecakapan yang harus dikuasai oleh seseorang dalam konteks merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dipengaruhi oleh Self-Efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik dengan tingkat Self-Efficacy tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan latihan SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen berupa angket Self-Efficacy peserta didik, tes tertulis terkait materi SPLDV, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi matematika peserta didik dengan Self-Efficacy tinggi dalam menyelesaikan latihan SPLDV mampu mengumpulkan informasi penting yang ada pada latihan untuk membantu menyelesaikan latihan tersebut lengkap dengan apa yang ditanyakan oleh latihan tersebut, mengubah informasi penting atau data ke dalam bahasa matematis dengan permisalan variabel dan menuliskan model matematika yang sesuai, merencanakan strategi untuk memecahkan masalah dengan langkah-langkah dalam penyelesaiannya dengan benar dan runtut menggunakan operasi matematika dengan baik dan benar, memberikan pembuktian dan menjelaskan terhadap kesimpulan yang didapatkan dari hasil penyelesaian yang ditemukan. Sedangkan untuk literasi matematis peserta didik dengan Self-Efficacy sedang mampu menerapkan seperti peserta didik dengan Self-Efficacy tinggi hanya saja tidak mampu menuliskan informasi yang penting. Dan untuk literasi matematis peserta didik dengan Self-Efficacy rendah, peserta didik hanya mampu, menuliskan kesimpulannya saja tanpa penjelasan informasi penting, dan penyelesaian yang runtut.

 

Kata kunci: Literasi Matematis, SPLDV, Self-Efficacy


References


Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control.

Bandura, Albert, & Bandura, A. (2010). Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Functioning Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Functioning. September 2013, 37–41. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2802

Fatwa, V. C., & Septian, A. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

Fitriani, R. (2019). Efektivitas Self Efficacy dalam Mengoptimalkan Kecerdasan dan Prestasi Belajar Peserta Didik. 2(2), 119–129.

Geraldine, M., & Wijayanti, P. (2021). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(2), 82–102.

Ghofur, A., Masrukan, M., & Rochmad, R. (2021). Mathematical Literacy Ability in Experiential Learning with Performance Assessment Based on Self-Efficacy. Unnes Journal of Mathematics Education Research Jl. Citandui Raya III, 11(1), 94–101. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Tentang Perbandingan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 74–91. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Katranci, Y., & Şengül, S. (2019). The relationship between mathematical literacy and visual math literacy self-efficacy perceptions of middle school students. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 9(4), 1113–1138. https://doi.org/10.14527/pegegog.2019.036

Khairunnisa, R., & Setyaningsih, N. (2017). Analisis Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, KNPMP II, 465–474. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/8833/PM-26 Rifda Khairunnisa dan Nining Setyaningsih hal 465-474.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Lazakidou, G., Paraskeva, F., & Retalis, S. (2007). The transitory phase to the attainment of self-regulatory skill in mathematical problem solving. International Education Journal, 8(1), 71–81.

Liu, X., & Koirala, H. (2009). The Effect of Mathematics Self-Efficacy on Mathematics Achievement of High School Students.

Mahsup, M. (2010). Penerapan Strategi Investigasi untuk Meningkatkan Pemahaman tentang SPLDV di SMPN 5 Kepanjen Malang.

Martalyna, W., Asikin, M., & Negeri, S. (2018). Students’ Mathematical Literacy Based on Self-Efficacy by Discovery Learning Wihth Higher Order Thinking Skills-Oriented. Mohammad Asikin / Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 54–60. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Özgen, K. (2011). Determination of Self-Efficacy Beliefs of High School Students towards Math Literacy. 11(2), 1085–1089.

Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchale, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381–385. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.381.385

Purwanti, K. L., & Mujiasih. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Abstrak Mathematical Literation Abilities of Madrasah Ibtidaiyah Students Reviewed From Self-Efficacy Abstract. Integrated Elementary Education, 1(1), 60–73.

Rahmati, Z. (2015). The Study of Academic Burnout in Students with High and Low Level Of Self-Efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171(1996), 49–55. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.087

Robinson, K. A., Perez, T., White-Levatich, A., & Linnenbrink-Garcia, L. (2022). Gender differences and roles of two science self-efficacy beliefs in predicting post-college outcomes. Journal of Experimental Education, 90(2), 344–363. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1808944

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Sutama. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. CV.Jasmine.

Ulya, R., & Hidayah, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. UJMER:Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 178–183.

Yuliyani, D. R., & Setyaningsih, N. (2022). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berbasis PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1836–1849. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2067




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.