PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS GOOGLE SLIDE MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT UNTUK SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran secara konvensional di kelas tanpa ada media pembelajaran penunjang cenderung membosankan. Apabila jenis pembelajaran konvensional ini diterapkan pada pembelajaran matematika, peserta didik akan merasa sulit memahami dan menilai bahwa matematika itu sukar. Tujuan penelitian adalah guna pengembangan media audiovisual dengan basis google slide untuk pelajaran matematika sekolah dasar kelas VI pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Penelitian berupa Research and Development (R&D) model 4D. Penelitian ini dilakukan di SDN Sunter Agung 07 dengan subjek penelitian kelas VI dengan total 30 orang. Instrumen yang dipakai yakni lembar validasi ahli serta lembar respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor 96% dengan kategori sangat layak, validasi oleh ahli media diperoleh skor 95% dengan kategori sangat layak dan uji pengembangan di lapangan oleh peserta didik diperoleh skor 91% dengan kategori sangat layak. Sehingga disimpulkan jika media pembelajaran audio visual berbasis google slide sangat layak diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran baik untuk klasikal atau secara mandiri.
Kata kunci: Google slide; media pembelajaran audio visual; bilangan bulat.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Geogebra Dengan Model Penemuan Terbimbing Pada Materi Bilangan Bulat. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 792–795.
Batubara, H. H. (2015). Penelitian Penelitian Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat INFORMASI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–12.
Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059
Ii, K., Sdn, D. I., & Kosambi, D. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN.
Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1911
Masfufah, yunia dewi, Susilowati, I., Risfai, A., Fitriana, S., Ratnasari, D., Wentyunida, R., & Leonard, L. (2018). Development of Mathematics Learning Design for VI Elementary School Subject Material of Integral Operations. 2(1), 462–474.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Muginah, M., & Widjajanti, D. B. (2014). Peningkatan Keterampilan Hitung Bilangan Bulat Melalui Metode Electrical Charges Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 164. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2716
Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247
Purnamasari, S., Heryawan, A., & ... (2019). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp. JTPPm (Jurnal Teknologi …, 6(1), 37–43. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7410
Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.
Sari, A. O., Kesuma, G. C., & Anggraini, D. (2019). Google Slide Dan Quizizz Dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif ( Baei ) Matematika. AdMathEdu, 9(2), 98–106.
Setiyawan, H., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Info Artikel Abstract SejarahArtikel. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Media Pembelajaran. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5758
Refbacks
- There are currently no refbacks.