BAGAIMANA SISWA DAPAT BERKOMUNIKASI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA?

Meilysa Ajeng Kartika Putri(1), Nurcholif Diah Sri Lestari(2*), Fiqih Nur Hakiki(3), Theresia Siska Rikna Sari(4), Didik Sugeng Pambudi(5),

(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(5) Universitas Jember
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan komunikasi matematis siswa memerlukan perhatian dalam proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika, kemampuan komunikasi matematis tulis siswa masih kurang, terutama dalam proses penyelesaian masalah yang berkaitan dengan materi sistem persamaan linier tiga variabel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tulis siswa SMK pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Teknik pengumpulan data penelitian ini diterapkan dengan tiga tes pada tes dan wawancara semi terstruktur untuk siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tertulis baik, kemampuan komunikasi matematis tertulis sedang dan kemampuan komunikasi matematis tulis lemah. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, ditemukan bahwa siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu mengungkapkan, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide matematika secara tertulis dan menggunakan simbol matematika saat menyelesaikan masalah. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematika sedang dapat mengungkapkan melalui menulis, mengevaluasi, dan menggunakan simbol matematika untuk menyelesaikan masalah matematika, tetapi menambahkan variabel masih menimbulkan kebingungan. Sedangkan untuk siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah, mereka tidak dapat mengungkapkan ide matematika secara tertulis.

Students' mathematical communication skills require attention in the learning process. Based on interviews with mathematics teachers, students' written mathematical communication skills are still lacking, especially in the process of solving problems related to the material on a system of three-variable linear equations. Therefore, this study aims to analyze the written mathematical communication skills of SMK students on the material system of three-variable linear equations. The research data collection technique was applied to three tests on tests and semi-structured interviews for students with good written mathematical communication skills, medium written mathematical communication skills and weak written mathematical communication skills. Data analysis in this study was carried out using descriptive data analysis methods which included data reduction, data presentation, and inference. Based on the results of data analysis and discussion, it was found that students with high mathematical communication skills were able to express, interpret and evaluate mathematical ideas in writing and use mathematical symbols when solving problems. Students with moderate mathematical communication skills can express through writing, evaluating, and using mathematical symbols to solve mathematical problems, but adding variables still creates confusion. Whereas for students with low mathematical communication skills, they cannot express mathematical ideas in writing.


Keywords


Analysis; Written Mathematical Communication Skills; Three Variable Linear Equation System

References


Bachriani, E. N., Sukoriyanto, S., & Muksar, M. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Statistika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8324

Elfareta, N. J., & Murtiyasa, B. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Penerapan Teori Bruner. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2523. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5681

Faizah, H., & Sugandi, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Maatematis Tulis Siswa SMP Pada Soal Cerita Bentuk Aljabar Dalam Pembelajaran Daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 291. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4429

Ikhtiar, M. A., Sudirman, S., & Hidayanto, E. (2021). Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 14. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8398

Ismarwan, Bambang, & Hamdani. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2), 1–10.

Luritawaty, I. P., Sekolah, R. N., Keguruan, T., Ilmu, D., & Garut, P. (2018). Pembelajaran Inside-Outside-Circle Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematik Siswa MTs. Jurnal Petik, 3(1), 22–27.

Mandasari, R., Chandra, T. D., & Dwiyana. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Pendidikan, 3(1), 838–850. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Meiliyah, A., & Setianingsih, R. (2019). Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaaan Kemampuan Matematika. Jurnal Mathedunesa, 8(2), 318–327.

Murtiyasa, B., & Hapsari, S. N. (2020). The Effect of TAI and STAD Strategy towards Learning Outcomes Reviewed from Mathematical Communication Skill. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2406–2415. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080625

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

OECD. (2013). PISA 2012 Results: Ready to Learn (Volume III). OECD. https://doi.org/10.1787/9789264201170-en

Prayitno, S., Suwarsono, St., & Siswono, T. Y. E. (2013). Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 565–572.

Riyadi, S., Noviartati, K., & Abidin, Z. (2021). Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa Samin dalam memecahkan masalah geometri. Ethnomathematics Journal, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36192

Rohmah, S., & Rinaldi, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis: Dampak Kecerdasan Emosional Pada Materi Hitung Aljabar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 2(1), 199–210.

Sari, V. D. P., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Berbantuan Whatsapp Selama Masa Pandemi Covid-19. Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 2(1), 1–18.

Susanto, H. A., & Murwaningsih, U. (2015). Improving Students’ Activity in Mathematics Communication Trough Metacognitive Learning Approach Based On Lesson Study. International Journal of Education and Research, 3(2), 169–180. www.ijern.com

Susiana, Negara, H. S., & Netriwati. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantu Komik Matematika. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 24–34.

Syahri, A. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII. MaPan, 5(2), 216–235. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a5

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.