ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BILANGAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa pada materi bilangan berdsarkan Taksonomi Bloom. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini sejumlah 33 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa tingkat pemahaman konsep siswa berada di tingkat sedang dengan 54%. Persentase siswa dengan kemampuan pemahaman konsep rendah sebesar 18%. Siswa dengan pemahaman konsep tinggi sebesar 28%. Siswa dengan tingkat pemahaman tinggi dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi Bloom dengan baik. Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep sedang dapat memenuhi beberapa indikator pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi Bloom, dan siswa dengan pemahaman rendah hanya memenuhi indikator mengingat dan memahami.
Kata kunci: Bilangan; Pemahaman konsep; Taksonomi Bloom.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditya Cahyani, C., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257
Bardini, C., Pierce, R., Vincent, J., & King, D. (2014). Undergraduate mathematics students’ understanding of the concept of function. Journal on Mathematics Education, 5(2), 85–107. https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1495.85-107
Chandio, M. T. (2021). Bloom ’ s Taxonomy : Reforming Pedagogy Through Assessment. Journal of Education and Educational Development, 8(1), 109–140.
E. Adams, N. (2015). Bloom’s taxonomy of congnitive learning objectives. Journal of the Medical Library Association, 103(July), 152–153.
Gülen, S. (2020). The effect of ‘volume of concept’ on the level of identifying concepts and understanding of relationships between concepts for 7th grade students. African Educational Research Journal, 8(1), 57–69. https://doi.org/10.30918/aerj.81.20.011
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.
Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021). How are Students’ Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem? Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/:10.1088/1742-6596/1776/1/012018
Köksal, D., & Ulum, G. (2018). JOURNAL OF LANGUAGE AND LINGUISTIC STUDIES Language assessment through Bloom’s Taxonomy. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(2), 76–88.
Maharani, L., Hartono, Y., & Hiltrimarti, C. (2013). Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model generative learning di kelas viii smp negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan …, 7(2), 1–17.
Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Murtiyasa, B., & Budiningsih. (2022). The Effectiveness of Project Based Learning in Improving Students ’. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 728–740. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.
Mustangin, & Setiawan, Y. E. (2021). Pemahaman Konsep Mahasiswa Semester Satu pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Elemen, 7(1), 100–119. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2773
Öztürk, G. (2021). Pre-Service Teachers’ Skills in Analysing Achievements in Regard to the Revised Bloom’s Taxonomy. International Journal of Progressive Education, 17(1), 277–293. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.329.18
Raja, F. (2017). Journal of Education and Educational Development. Journal of Education and Educational Development, 4(1), 94–110.
Sagala, R., Umam, R., Thahir, A., Saregar, A., & Wardani, I. (2019). The effectiveness of stem-based on gender differences: The impact of physics concept understanding. European Journal of Educational Research, 8(3), 753–761. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.753
Studies, L., International, A., & Centre, A. (2015). The Analysis of Learning Objectives in Iranian Junior High School English Text books based on Bloom’s Revised Taxonomy. International Journal of Education and Literacy Studies, 3(2). https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.3n.2p.44
Sulfiah, S. K., Cholily, Y. M., & Subaidi, A. (2021). Professional competency: Pre-service mathematics teachers’ understanding toward probability concept. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(3), 206–220. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i3.13779
Suraji , Maimunah, S. S. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Uğur, F. (2019). Evaluation of Activities in Secondary School Level Turkish Workbooks According to Types of Memory and Revised Bloom’s Taxonomy. International Education Studies, 12(4), 185. https://doi.org/10.5539/ies.v12n4p185
Utari, R. S., & Utami, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu Dan Tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–50. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6820.39-50
Widada, W. (2016). Profile of Cognitive Structure of Students in Understanding the Concept of Real Analysis. Infinity Journal, 5(2), 83. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.215
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5737
Refbacks
- There are currently no refbacks.