MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MATH CITY MAP
(1) (SCOPUS ID 57216814243) STKIP Muhammadiyah Pagaralam
(2) STKIP Muhammadiyah Pagaralam
(*) Corresponding Author
Abstract
Maksud diadakannya studi ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Math City Map berkenaan meningkatnya pencapaian hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi balok. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar Alam tahun pelajaran 2021/2022 merupakan populasi penelitian. Tes digunakan untuk melihat apakah ada selisih hasil belajar yang diperoleh dimana tes berupa essay sebanyak 5 soal. Hasil data tes matematika peserta didik dengan model pembelajaran PBL menggunakan Math City Map didapat rata-rata 81 sedangkan hasil belajar siswa yang tidak mengaplikasikan model pembelajaran PBL menggunakan Math City Map sebesar 75. Dengan menggunakan rumus statistik uji t diperoleh t hitung sebesar 7,4878 serta harga t tabel sebesar 1,697 dengan indeks kesalahan 5%. Determinasi dari studi ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning menggunkan Math City Map pada materi balok efektif terhadap meningkatnya pencapaian hasil belajar pelajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar Alam tahun pelajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Albab, R. U., Wanabuliandari, S., & Sumanji. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Gagung Duran Terhadap Kemampuan Pemecahan Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1767-1775. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3969
Dewantara, A. H. (2018). Soal Matematika Model PISA: Alternatif Materi Program Pengayaan. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 197-213. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.186
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains, 4(2), 136-150. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524
Gunantara, G., Suarjana, M., & Nanci Riastini, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. Journal of Research in MATHEMATICS LEARNING, 1(2), 213-218. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818-826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Lubis , D. A., Arianto, L., Al Ashari, I. M., & Amidi. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171-180. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.94
Kusmayanti, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Education Review and Research, 5(1), 30-37. http://dx.doi.org/10.26737.jerr.5vi1.3288
Masfufah, R., & Afriansyah, A. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-200. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar Untuk Siswa SMP/MTS dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. PRISMA, 7(1), 53-69. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.338
Megawati, Wardani, A. K., & Hartatiana. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15-24. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24
Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Jurnal Pendidikan, 4(1), 113-122. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Rahayu, C., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2021). Games Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mendukung Curiosity Anak Dalam Mengenalkan Matematika Awal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1),1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3546
Rosanti, F., & Harahap, A. (2022). Pengaruh Outdoor Learning Math dengan Pendekatan Math City Map terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas XII SMK YAPIM Pinang Awan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1387-1402. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1363
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 14(1), 190-220. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i1.497
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57-64. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5725
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
setiyawan, H. (2017). Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang pada Siswa Kelas III SD. INOVASI, 19(1), 1-17. http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/276
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP Ditinjau dari Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451-462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.819
Utama, H. P., Widyaningrum, I., & Rahayu, C. (2018). Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Balok Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 69-72. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.543
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5723
Refbacks
- There are currently no refbacks.