ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN PENERAPAN TEORI BRUNER

Novelya Jacinda Elfareta(1*), Budi Murtiyasa(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan komunikasi matematis dalam materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan penerapan Teori Bruner. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Data yang dikumpulkan berupa data tes tertulis siswa berupa jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah menurut Teori Bruner. Data hasil wawancara berupa jawaban siswa atas pertanyaan yang diberikan secara lisan untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan masalah menurut Teori Bruner. Data dokumentasi berupa foto dan arsip jawaban tes siswa yang dilakukan pada tanggal 28 Maret 2022. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 43% siswa memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah menurut Teori Bruner, dimana siswa dapat menyelesaikan soal matematika dengan  menuliskan informasi yang diketahui dari soal yang diberikan menggunakan bahasa sendiri, mentransformasikan informasi yang diketahui dalam bentuk notasi/ simbol matematika, serta mengevaluasi jawabannya menggunakan gambar/ grafik dengan baik. Terdapat 36% siswa memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis sedang, dimana siswa hanya mampu memenuhi beberapa indikator komunikasi matematis dan 21% siswa memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis rendah belum dapat memenuhi indikator komunikasi matematis dengan baik.

 

Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Teori Bruner


Keywords


Komunikasi Matematis; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; Teori Bruner

References


Amalia, A. R., & Yunianta, T. N. H. (2019). Deskripsi Proses Kognitif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Modes Of Representation Teori Bruner. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 58–71. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.58-71

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Dina, Z. H., Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2019). The Improvement of Communication and Mathematical Disposition Abilities through Discovery Learning Model in Junior High School. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.6824

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Ismarwan, Bambang, & Hamdani. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4542/0

Marniati, Jahring, & Jumriani. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880–890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3523

Murtiyasa, B., & Hapsari, S. N. (2020). The Effect of TAI and STAD Strategy towards Learning Outcomes Reviewed from Mathematical Communication Skill. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2406–2415. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080625

Murtiyasa, B., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2020). Profile of Students’ Error in Solving Mathematics Word Problems Based on PISA Frameworks. Atlantis Press, 467(Semantik 2019), 135–137. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.131

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Mustika, A., Suhartati, & Syahyuzar. (2016). Penerapan pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 49–58.

Nasution, S. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar (18th ed.). Bumi Aksara.

Pradana, D. A. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan siswa menyelesaikan masalah berbentuk soal cerita sistem persamaan linear ditinjau dari kemampuan penalaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 151–164. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.35419

Safrida, L. N., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX SMP Negeri 7 Jember. Kadikma, 6(1), 25–38.

Selvia, M. D. dkk. (2017). Korelasi kemampuan komunikasi matematik dengan kemampuan pemecahan masalah matematik terhadap peserta didik melalui model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 3(2), 145–150. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i2.407

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Susiana, Negara, H. S., & Netriwati. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu komik matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3326

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, PTK, Mix Method, R&D. Jasmine.

Syahri, A. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii. MaPan, 5(2), 216–235. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a5

Wijayanto, A. D. dkk. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.