PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB PADA MATERI SPLDV UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Cut Eka Fitriana(1), Atma Murni(2*), Maimunah Maimunah(3),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikarenakan kurang tersedianya bahan ajar matematika yang melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi kualitas pembelajaran dan pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui pengembangan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Web pada materi SPLDV untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen yang digunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Hasil validasi sebesar 88,30% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan persentase rata-rata 89,74% dengan kategori sangat praktis. Bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Kepraktisan bahan ajar dibuktikan dengan ketertarikan dan kemudahan siswa menggunakan bahan ajar.


Keywords


Bahan Ajar Matematika berbasis Web, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

References


Ahmad Dzulfikar. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Self-Efficacy pada Materi Statistika untuk Memfasilitasi Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Kajen, 03(01), 58–65.

Arfiana, M. N., & Ismayati, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menerapkan Rangkaian Digital Kombinasi Berbasis Mobile Learning di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3), 233–239.

Astuti, S., Ariswoyo, S., & Madyunus Salayan. (2020). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal MATEMATICS PAEDAGOGIC, 5(1).

Bintari, K. S. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelentasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan ,” 94–96, 87–102.

Darussalam, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif (Blog) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada mata Pelajaran Pemasaran Online Sub Kompetensi Dasar Merancang Website (Studi pada Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 3(2), 1–7.

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendrian, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 08(1), 49–57.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama.

Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Kubus dan Balok. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–47.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 39–52.

Pardimin, P., & Widodo, S. A. (2016). Increasing Skills of Student in Junior High School to Problem Solving in Geometry With Guided. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(4). https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i4.3929

Persada, A. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 62. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1661

Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285

Sa’dun, A. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Saluky, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 80–90. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.685

Santi, I., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1584–1602. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1178

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Tasri, L. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal MEDTEK, 3(2).

Wahyuni, Y., Edrizon, & Fauziah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pemanfaatan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(No. 01), 1120–1130.

Wahyuni, Y., Edrizon, & Fauziah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pemanfaatan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(No. 01), 1120–1130.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.