PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS STEM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Rosdiana Rosdiana(1), Sumardin Raupu(2*), Hilma Hilma(3),

(1) Institut Agama Islam Negeri Palopo
(2) Institut Agama Islam Negeri Palopo
(3) Institut Agama Islam Negeri Palopo
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengembangan buku saku digital berbasis STEM  pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku digital berbasis STEM pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian yang dilakukan berupa  research and development (R&D). Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu : (1) Tahap analisis (analyze), (2) Tahap perencanaan (design), (3) Tahap pengembangan (development), (4) Tahap implementasi (implementation), (5) Tahap evaluasi (evaluation). Namun dalam penelitian pengembangan ini hanya menggunakan tiga tahapan yaitu : (1) Tahap analisis (analyze), (2) Tahap perencanaan (design), (3) Tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Palopo dengan subjek penelitian adalah 3 ahli matematika khususnya ahli bidang materi matematika dan ahli bidang media matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dengan instrument berupa angket validasi ahli isi/materi, dan ahli media. Berdasarkan hasil analisis angket, diperoleh hasil bahwa buku saku digital berbasis STEM pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, dilihat dari hasil penilaian tiga validator ahli isi/ materi (90%) dengan kategori sangat valid dan ahli media dan design (91%) dengan kategori sangat valid.

This research aims to develop a valid digital pocket book of space geometry based on STEM for 8th grade students. This research is research and development (R&D). This research used ADDIE model. The ADDIE model consist of 5 steps, there are analyze, design, develop, implementation, and evaluation. But, this research only carried out op to 4 steps (analyze, design, develop, and evaluation). This research was done in junior high school 2 Palopo. The subject of this research are 3 mathematics expert, especially on mathematics and digital media. The data collection technique of this research is questionnaire. The are 2 kind of questionnaire, first is questionnaire of material validity and questionnaire of media validity. The result of expert validation are 90% for material validity, 91% for media validity. Based in the expert validation, it can be concluded that the develop digital pocket book of space geometry based on STEM for 8th grade students is very valid and it can be used to mathematics learning especially on space geometry.

Keywords


Buku saku digital; STEM; bangun ruang sisi datar

References


Adlim, M., Saminan, & Ariesta, S. (2015). Pengembangan Modul STEM Terintegrasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 112-121.

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, Suherman, & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412.

Bintari, R. H. (2020). Kecanduan Gadget Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas XII MIPA SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 8(2).

Hasanah, S. N., Cholily, Y. M., Effendi, M. M., & Putri, O. R. (2021). Literasi Digital Siswa DAlam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (SGF). AKSIOMA, 10(3), 1736-1744.

Indariani, A., Ayni, N., Pramudtya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi BUku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya Dalam Distance Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 1-12.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.

Komarudin, Utari, I. D., Farida, & Suherman. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 97-106.

Kurniyanthi, P., Suarni, K., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Pengendalian Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas III SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. PENDASI:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 21-30.

Murdiani. (2018). Menignkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banu Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 4(2), 35-40.

Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA (Prosiding Semianr Nasional Matematika). 4, pp. 298-302. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rismawati, M. (2016). Mengembangkan Pern Matematika Sebagai Alat Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Vox Edukasi, 7(2), 203-215.

Simamora, Y. S. (2019). Integrasi IT Dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial. 3, pp. 991-993. Medan: Universitas Negeri Medan.

Utari, I. D. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183-193.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 (pp. 263-278). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Yanni, M. H. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strataegi Pembelajaran TAPPS Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 1(2), 117-125.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.