PENGEMBANGAN LKPD-EL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Elfis Suanto(1*), Fadilah Gustin Khainingsih(2), Nahor Murani Hutapea(3),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Paradigma pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk dapat berpikir kritis, namun fakta menunjukkan kemampuan bepikir kritis matematis (KBKM) peserta didik masih rendah terutama pada materi perbandingan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan LKPD Elektronik (LKPD-el) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan permasalahan berkonteks Budaya Melayu. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan LKPD-el yang berkualitas baik. Adapun metode penelitian ialah design research yang meliputi dua tahapan preliminary research dan formative evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD-el yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dari aspek isi (content), bahasa, tampilan, dan dari potensi umtuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Kemudian berdasarkan angket respon peserta didik, LKPD-el yang dikembangkan juga sudah memenuhi kriteria praktis. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa LKPD-el yang dikembangkan sudah sangat baik. Dengan kata lain LKPD-el layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dan berpotensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. 


Keywords


Berpikir kritis; budaya Melayu; LKPD-el; PBL

References


Agitsna, L. D., Wahyuni, R., Friansah, D., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp Negeri 11 Lubuklinggau. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Guru Kelas VII Edisi Revisi. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150. http://dindik.bantenprov.go.id/

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-ruzz Media.

Haqsari, R. (2014). Pengembangan Dan Analisis E-Lkpd (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia Pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Universitas Negeri Yogyakarta.

Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Eksponen, 8(1), 25–33.

Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395–412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Maylistiyana, D. E., Hobri, & Susanto. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Perbandingan dan Skala Berbasis Scientific Approach yang Berorientasi Problem Based Learning. Edukasi, III(1), 1–4.

Musafak, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Perbandingan di Kelas VII-C SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Semester Genap Tahun 2015/2016. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Nurlaeli, Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. Fibonacci, 4(2), 145–154.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. In Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatifitas Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Ringkasan Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019 Masukan untuk Pembelajaran di Sekolah SMP/MTs. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id.

Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas Viii Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Rachmasari, M., Serevina, V., & Setyo Budi, A. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat TinggI. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019

Ritonga, S., Safrida, S., Huda, I., Supriatno, & Sarong, M. A. (2020). The effect of problem-based video animation instructions to improve students’ critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012107

Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Eksos, 8(1), 19–25.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Sumiyati, W., Netriwati, & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 15–21. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Tjahjono, F. (2017). Cinta Budaya Bangsa. Relasi Inti Media.

Wahyuni, S., & Koesdyantho, A. R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika pada Candi Cetho terhadapt Kemampuan Berpikir Kritis. Sinektik, 1(2), 191–207.

Wijayanti, R., & Trisiana, A. (2018). Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III. Sinektik, 1(2), 178–190.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Dedikasi, 13, 39–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.